Cara Memperbaiki iPhone Dicas Malah Berkurang

Author
Published 21.00
Cara Memperbaiki iPhone Dicas Malah Berkurang
iPhone Tips - Bagaimana cara mengatasi iPhone yang dicas malah berkurang ? Tidak sedikit pengguna iphone maupun ipad yang mengeluhkan ketika baterai iphone dicas / dicharge tidak bisa nambah dan terisi penuh. Masalah pengisian daya baterai iphone terkadang tidak berhenti sampai disitu saja, selain dicharge baterai iphone tersebut tidak bisa 100% terkadang malah menjadi berkurang. Dengan begitu iphone menjadi panas saat mengisi daya baterai karena proses ngecas (charging) iphone yang berlangsung lama hingga berjam - jam.

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel kami sebelumnya mengenai penyebab iphone dicas tidak masuk, banyak faktor yang membuat iphone yang kita miliki tidak bisa melakukan pengisian daya baterai. Mulai dari kabel data yang rusak, sampai dengan aksesoris yang tidak direkomendasikan oleh pihak Apple yang menjadikan salah satu faktor iphone tidak bisa dicas tersebut. Lantas bagaimana cara memperbaiki iphone yang di charge malah daya baterai menjadi berkurang tersebut ? Dan perlu untuk kita ketahui bahwa potongan serat pada kantong celana juga dapat membuat iphone tidak bisa mengisi daya karena konektor charger yang kotor.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, iPhone Tips akan mencoba memberikan solusi bagi anda yang mengalami masalah charger iphone tidak berfungsi. Selain itu, kami akan berikan informasi mengenai cara charge iphone yang benar agar kita dapat terhindar dari masalah seperti baterai iphone cepat habis dan ketika di cas malah menjadi kosong atau 0%. Jadi kita tidak perlu cemas akan iphone yang tidak bisa dicharge dalam keadaan hidup maupun mati karena semua solusi akan kami bagikan disini. Untuk itu mari langsung saja kita simak cara melakukan kalibrasi baterai iphone yang dicas malah menjadi berkurang secara lengkap pada ulasan di bawah ini.

Cara Memperbaiki iPhone Dicas Malah Berkurang

cara mengatasi iphone dicas malah berkurang
sourch image : https://adamcecc.blogspot.com/2016/06/iphone-dicas-tidak-mengisi-daya-inilah.html

Layaknya sebuah smartphone android, masalah pengisian daya yang error juga pasti terjadi pada smartphone apple sekalipun. Oleh karena itu jika iphone yang kita miliki mengalami masalah dicas / dicharge tidak masuk maka alangkah baiknya kita melakukan langkah - langkah sebagai berikut :

artikel menarik lainnya :


Pastikan kita menggunakan aksesoris yang bersertifikat

  • Hal pertama yang perlu kita perhatikan apabila kita mengalami iphone tidak bisa mengisi daya adalah dengan memastikan aksesoris yang kita gunakan bersetifikat apple dan sumber daya yang tepat. Pada saat baterai iPhone yang kita miliki tersebut benar - benar terkuras habis dan mati total, kita akan melihat layar hitam bahkan setelah perangkat tersebut terpasang dengan sumber listrik. Hal ini membutuhkan waktu setidaknya 10 menit untuk iPhone dan 20 menit untuk iPad sebagai indikator bahwa itu sedang diisi meskipun terkadang muncul masalah dimana aksesoris tidak didukung.

Cek dan bersihkan konektor usb iphone

Namun apabila kita sudah menggunakan aksesoris bersertifikat tapi setelah smartphone dicas malah muncul peringatan bahwa "Aksesori Anda adalah Tidak Bersertifikat", maka berikut langkah - langkah untuk memperbaikinya :

  • Pertama - tama cek konektor yang pada bagian bawah perangkat kita. 
  • Kemudian bersihkan dengan benar (kita dapat membersihkan port USB menggunakan vacuum cleaner atau kain yang lembut tentunya). 
  • Setelah kondisi benar - benar bersih maka sambungkan kabel USB kembali.
  • Akan tetapi jika kita kondisi perangkat iPhone malah mati total dan tidak bisa di cas, coba dengan mengganti kabel USB atau charger yang berbeda.

Namun jika dengan cara diatas iphone yang kita miliki masih saja ketika dicas baterai tidak bertambah dan justru malah menjadi berkurang, maka mungkin kita perlu untuk melakukan kalibrasi baterai iphone yang tidak bisa dicharge tersebut. Berikut langkah mudah untuk mengkalibrasi baterai iphone yang dicas malah menjadi berkurang, diantaranya :

Cara kalibrasi baterai iphone yang tidak bisa dicas

  1. Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan mengganti kabel konektor dan juga adaptor charge perangkat iPhone yang kita miliki. Bisa pinjam dulu pada teman ataupun saudara (usahakanlah selalu menggunakan yang asli original)
  2. Dengan harapan kabel USB normal, coba sambungkan perangkat iDevice pada komputer / PC bukan laptop, kemudian gunakanlah port USB yang dibelakang bukan di bagian depan. Hal ini dikarenakan pada umumnya tegangan listrik berbeda.
  3. Setelah itu charger iPhone kenudian tekanlah tombol power (on/off) serta tombol home secara bersamaan hingga perangkat iphone yang kita miliki menjadi hidup.  Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama jadi kita perlu bersabar untuk menekan iphone yang kita miliki tersebut.
  4. Setelah perangkat hidup, diamkanlah beberapa saat (layaknya meng-charge ponsel seperti biasanya).
  5. Langkah selanjutnya tekan tombol power (on/off), maka nanti akan muncul ikon gambar baterai garis merah tipis. Meskipun tidaklah bisa mengisi daya, biarkanlah perangkat sampai mati sendirinya.
  6. Sehabis mati, tekanlah kembali tombol power (off/on) dan juga tombol menu bersamaan selama 8 detik setelah itu pada layar iPhone akan muncul pertanyaan kita ingin mematikan ponsel iPhone, pilih saja yes. Tunggulah beberapa waktu sampai perangkat mati. 
  7. Kemudian lepaskanlah konektor charger dari perangkat iPhone 4 5 atau 6 kalian, lantas hubungkanlah lagi dengan iPhone yang kita miliki. Bila langkah tersebut berhasil iPhone akan restart atau reboot dan juga logo Apple muncul seperti biasa serta menu springboard muncul seperti semula.
  8. Langkah terakhir dengan restore atau pengaturan pabrik. Akan tetapi jika kita menggunakan cara ini  semua data aplikasi diperangkat iPhone akan terhapus.
baca juga :
Demikian pertemuan kita kali yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi iphone di charge / di cas tidak masuk. Semoga tips iphone kali inj dapat memberikan hasil yang memuaskan untuk kita semua, sekian dan terima kasih..

3 komentar

  1. cara memperbaiki reparasi Diy servis iPhone sendiri http://zapplerepair.com/Diy-servis-iphone-sendiri.html

    BalasHapus
  2. Iphone 6G...di cas malah berkurang....tolong solusixa gaaan...makasih

    BalasHapus

Posting Komentar