19 Solusi Sinyal HP Hilang Timbul Di Vivo Smartphone

Author
Published 05.00
19 Solusi Sinyal HP Hilang Timbul Di Vivo Smartphone
Sinyal hp vivo hilang - Bagaimana cara mengatasi sinyal hp android yang hilang timbul ? Disini kami akan mencoba memberikan 19 cara memperbaiki sinyal hp vivo tidak muncul baik itu tiba - tiba sinyal hilang mendadak ataupun sim card terbaca tapi tidak ada sinyal. Topik ini kami berikan karena banyaknya pengguna hp android (vivo smartphone) yang sering kali mencari cara untuk memperkuat sinyal di HP Vivo. Sinyal yang lemah ataupun jaringan yang hilang timbul pada ponsel android vivo tersebut yang menjadikan alasan para user vivo ingin mengatasi hp tidak ada layanan.

Masalah jaringan tidak tersedia di vivo smrtphone ini memang sangat sering di alami oleh para penggunanya. Jangkauan sinyal yang tidak merata di seluruh pelosok negri inilah yang sering kali menjadi penyebab sinyal hp vivo sering tidak muncul. Lantas jika terjadi hal tersebut, langkah apa yang perlu kita lakukan untuk mengatasi sinyal di smartphone android vivo tidak keluar ? Kita tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena kami akan memberikan 19 penyebab dan solusi sinyal hilang timbul di hp vivo tersebut.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini, kami Smartphone Tips akan memberikan 19 cara mengatasi hp vivo tidak ada sinyal tersebut. Dengan harapan jika kita mengetahui 19 solusi sinyal tidak muncul tersebut, kita tidak perlu mengalami kegalauan jika mendadak sinyal hp vivo hilang total. Selain itu dengan mengetahui 19 tips sinyal tidak terbaca di ponsel cerdas vivo ini, kita dapat melakukan perbaikan pada hal yang tidak terlalu sulit. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai 19 cara memperbaiki hp vivo yang sering tidak keluar sinyal di bawah ini.

19 Solusi Sinyal HP Hilang Timbul Di Vivo Smartphone

cara mengatasi sinyal hilang timbul di hp vivo

Untuk mempersingkat waktu, berikut ini akan kami berikan beberapa penyebab sinyal hp vivo yang tiba - tiba hilang total beserta langkah - langkah untuk mengatasi masalah hp vivo sulit mendapatkan jaringan tersebut.

Cara Memperbaiki Hp VIVO Yang Tiba - Tiba Tidak Keluar Sinyal


Tidak ada jangkauan sinyal

  • Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan jika sinyal smartphone android vivo sering mendadak hilang sendiri adalah dengan memastikan ketersediaan tower sinyal di sekitar tempat kita berada. Perlu untuk kita ketahui bahwa menjadi hal yang wajar apabila jaringan hp vivo tidak bisa penuh jika memang di sekitar kita tidak tersedia tower sinyal.

Hp vivo yang error

  • Daya tangkap sinyal yang lemah pada perangkat vivo dapat dikarenakan error yang disebabkan ponsel android tersebut pernah terjatuh. Benturan keras saat terjatuh dari ketinggian dapat menjadi penyebab kuningan penangkap sinyal bergesar ataupun masalah hp vivo tidak bisa membaca penyimpanan memori.

Setingan pengaturan

Sering kali untuk mendapatkan kecepatan internet kita akan mengubah pengaturan sinyal pada mode sinyal 4G Only. Namun ketika kita berada pada tempat yang tidak memiliki jangkauan sinyal 4G maka hp vivo akan searching / mencari sinyal terus menerus. Untuk itu kita perlu melakukan perubahan agar dapat kembali ke pengaturan sebelumnya.

Agar handphone android vivo dapat mendeteksi jaringan secara otomatis maka kita perlu melakukan pengaturan sebagai berikut :

  • Masuk ke menu Pengaturan >> Jaringan Seluler >> Pilih Mode Jaringan "WSDMA / GSM" (sambungan otomatis).

Gangguan layanan operator jaringan

  • Faktor - faktor lain yang membuat sinyal hp vivo hilang timbul adalah karena masalah pada layanan operator jaringan. Jaringan yang tidak konsisten akibat dari program yangyang sedang error tersebut tentu akan mengakibatkan sinyal naik turun di ponsel cerdas vivo yang kita miliki.

Faktor cuaca

  • Kekuatan sinyal yang tidak stabil dan bahkan menjadi lemah tidak bisa menangkap jaringan di hp vivo juga dapat dikarenakan faktor cuaca yang ekstrim. Jadi tidak heran apabila kita lebih baik untuk tidak menggunakan smartphone android ketika cuaca sedang hujan lebat yang diiringi dengan angin kencang.

Kerusakan hardware

  • Apabila hp vivo smartphone yang kita miliki tidak ada sinyal setelah masuk ke dalam air maka terdapat kemungkinan adanya kerusakan pada kompenen penangkap sinyalnya. Hal ini dikarenakan alat tersebut tidak kedap air sehingga besar kemungkinan apabila komponen tersebut mengalami kerusakan.

Software yang error

Perlu untuk kita ketahui bahwa update software smartphone dengan versi terbaru tidaklah selalu menjadi tindakan yang baik. Hal ini dikarenakan sinyal hp android hilang timbul terkadang muncul ketika kita baru saja memperbarui versi os android yang kita miliki.

Adanya bugs pada software yang kita update menjadi penyebab sinyal tidak muncul setelah update os hp vivo yang kita miliki tersebut. Jika terjadi demikian maka langkah terbaik untuk mengatasi sinyal hilang total setelah memperbarui sistem android tersebut adalah dengan downgrade ke versi sebelumnya.

Aplikasi hp vivo bermasalah

Jika kita mengalami dimana sinyal hp vivo tiba tiba hilang mendadak maka kita perlu mengingat - ingat aplikasi apa saja yang baru kita install. Pada beberapa aplikasi dapat membatasi kekuatan sinyal yang dikarenakan ketidak cocokan fitur aplikasi tersebut pada smartphone android yang kita miliki.

Dari beberapa sumber yang telah kami rangkum, di bawah ini adalah langkah - langkah untuk mengembalikan sinyal hp android yang hilang timbul secara mendadak dengan mudah.

Airplane Mode

  • Cara termudah untuk mengatasi hp vivo yang sinyal tiba tiba menghilang adalah dengan mengaktifkan mode pesawat (airplane mode). Dengan menghidupkan airplane mode tersebut secara tidak langsung kita melakukan refresh pada hp vivo yang kita miliki.

Restart vivo smartphone

  • Jika dengan cara pertama kita belum dapat mengembalikan sinyal hp vivo yang hilang maka kita perlu merestart perangkat tersebut. Saat kita akan mematikan smartphone android yang kita miliki tersebut,  pastikan hp dalam keadaan mati dan setelah itu lepas baterai hp dalam beberapa detik sebelum kita mengaktifkannya kembali.

Rubah jaringan

Jika kita mengalami masalah dimana sinyal 4G tidak muncul di hp vivo dan yang terlihat hanya jaringan 2G dan 3G saja maka merubah mode jaringan perlu untuk kita coba.

  • Masuk menu Pengaturan > Jaringan Seluler > Pilih Mode Jaringan WSDMA/GSM (sambungan otomatis), cara ini cukup efektif untuk memperbaiki jaringan LTE tidak muncul karena sinyal yang hilang timbul.

Bersihkan kuningan kartu sim

Pemasangan kartu sim yang kurang tepat juga dapat membuat sinyal hp hilang padahal sim card sudah terpasang. Maka dari itu pastikan pemasangan kartu sim tepat jika masalah sinyal hilang total terjadi pada vivo smartphone tersebut. Namun tidak ada salahnya jika kita membersihkan Kuningan pada sim card tersebut sebelum kita mengaktifkan smartphone android.

artikel menarik lainnya :

Ganti kartu sim hp vivo

Jika cara di atas belum bisa mengatasi sinyal yang hilang timbul di hp android vivo maka tidak ada salahnya kita untuk mengganti kartu sim yang kita gunakan. Hal ini bertujuan untuk memastikan jaringan tidak tersedia tersebut berasal dari kartu sim atau tidak.

Factory reset

Masalah hilangnya sinyal di hp vivo juga dapat disebabkan karena adanya virus ataupun software yang error. Untuk itu factory reset adalah langkah termudah untuk mengatasi sinyal hilang mendadak di hp vivo.

Adapun cara agar data tidak hilang jika kita melakukan factory reset yakni dengan melewati recovery mode. Namun sebelum kita menggunakan cara tersebut ada baiknya kita mencari informasi terlebih dahulu untuk menghindari masalah gagal masuk recovery mode tersebut.

  • Untuk melakukan factory reset tersebut kita dapat melakukannya dengan cara masuk pada menu setting >> pabrikan >> reset. Namun sebelum kita mereset ke pengaturan awal tersebut pastikan terlebih dahulu bahwa kita telah melakukan back up semua data yang ada.

Gunakan antena penguat sinyal

  • Jika dari semua cara diatas tidak dapat mengatasi sinyal hp vivo yang tidak muncul maka pemasangan antena penguat sinyal adalah langkah yang mungkin kita perlukan. Cara ini dapat kita gunakan apabila masalah tidak ada layanan di hp android tersebut memang berasal dari tidak adanya sinyal di area tempat tinggal kita. Alat penguat sinyal tersebut dapat kita peroleh di toko online seperti shoope, tokopedia ataupun bukalapak.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi sinyal hp android yang hilang timbul. Namun jika cara diatas belum juga dapat mengatasi masalah tersebut alangkah lebih baiknya jika kita membawa smartphone android yang kita miliki ke service center terdekat untuk penanganan yang lebih lanjut. Semoga postingan kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

5 komentar

  1. Untuk hp vivo Y51,tiba2kartu sim tdak terbaca,tetapi di hp lain bisa terbaca,saya sudah setting ke setelan pabrik tapi masih saja tdk bisa,mohon pencerahan nya kak

    BalasHapus
  2. HP ku Vivo V7 signalnya sering hilang sendiri jika dipasang simcard selain XL/Axis. kenapa ya?

    BalasHapus
  3. Kelemahan vivo emang gitu keknya, kalo ketindihan aja smartphone nya... Auto ga ada signal sih

    Daftar Harga Hp Vivo Terbaru di tahun 2023

    BalasHapus

Posting Komentar