Cara Menghemat Baterai iPhone Series

Author
Published 07.35
Cara Menghemat Baterai iPhone Series

Salah satu keluhan yang seringkali terlontar dari pengguna iPhone adalah baterai iPhone yang cepat habis alias boros. Karena itu banyak pengguna iPhone yang selalu mencari solusi Cara Menghemat Baterai iPhone untuk mengatasi masalah tersebut.

Lantas, mengapa sih baterai di iPhone bisa boros?

Banyak hal yang menjadi penyebab baterai di iPhone boros. Banyaknya fitur yang tersedia, daya baterai yang tidak begitu besar, sampai kesalahan pengaturan menjadi beberapa dari sekian banyak alasan mengapa baterai iPhone boros.

Bagi Anda pengguna iPhone yang ingin berdamai dengan masalah tersebut, berikut kami ungkap beberapa tips cara menghemat baterai pada perangkat yang bisa dicoba. Let’s check these out!

Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara Menghemat Baterai iPhone

Kalau bicara tentang cara hemat baterai di iPhone, maka kita akan bicara tentang pengaturan iPhone itu sendiri dan bagaimana seseorang menggunakan perangkatnya. Keduanya sama - sama penting untuk memastikan iPhone berguna secara maksimal dan baterainya lebih hemat.

Dari sisi pengaturan iPhone, cara melakukan penghematan baterai yang bisa dilakukan sebagai berikut :

Atur kecerahan layar iPhone

Kecerahan layar yang terlalu tinggi pada iPhone dapat menjadi penyebab baterai menjadi lebih boros. Karena itu baiknya Anda mengatur layar iPhone agar lebih redup jika ingin baterainya lebih hemat.

Untuk mengaturnya, Anda bisa lakukan cara berikut :

  • Masuk ke control center
  • Geser layar iPhone ke bawah
  • Geser tingkat kecerahan sesuai yang diinginkan pada menu

Mengatur kecerahan layar juga bisa dilakukan dengan menonaktifkan fitur auto brightness sehingga perangkat tidak akan menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis melainkan menggunakan kecerahan layar sesuai tingkat kecerahan layar yang sudah diatur.

Untuk menonaktifkan fitur auto brightness, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Buka setting
  • Klik pada opsi Umum
  • Pilih Aksesibilitas
  • Klik akomodasi layar dan nonaktifkan fitur auto brightness iPhone

Aktifkan fitur low power mode

Cara hemat baterai di iPhone selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan fitur low power mode. Jika fitur tersebut diaktifkan, mode daya rendah akan aktif sehingga perangkat dapat lebih menghemat konsumsi baterainya.

Cara mengaktifkan fitur low power mode sebagai berikut :

  • Buka menu Setting
  • Klik pada opsi Baterai
  • Geser layar On (tombol sampai warna hijau) untuk mengaktifkan low power mode features

Kurangi notifikasi tidak penting

Notifikasi yang tidak penting pada iPhone dapat dinonaktifkan untuk membuat baterai jadi lebih hemat. Cara menonaktifkannya mudah, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Masuk ke menu Setting
  • Masuk pada halaman Notifikasi
  • Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang akan dinonaktifkan

Menonaktifkan fitur Location

Kalau di iPhone ada fitur GPS, maka bisa dipastikan iPhone juga punya fitur Location. Fitur Location ini berguna untuk mendeteksi lokasi. Tentu sangat berguna sebagai teman perjalanan.

Namun kalau dinyalakan terus – terusan maka dapat membuat baterai menjadi mudah habis karena fitur ini berjalan di latar belakang bahkan ketika tidak digunakan. Jadi untuk lebih menghemat baterai, nonaktifkan saja fitur ini.

Nonaktifkan fitur Hey Siri

Hey Siri adalah fitur asisten seperti Google Assistant. Jika Anda tidak terlalu sering menggunakan Hey Siri, matikan saja fitur ini.

Cara mematikan atau menonaktifkan fitur Hey Siri sebagai berikut :

  • Buka menu Setting pada iPhone
  • Masuk ke Siri & Search
  • Nonaktifkan togle yang terdapat pada sebelah Listen for ‘Hey Siri’

Sementara dari sisi bagaimana seseorang menggunakan iPhone, cara hemat baterai di iPhone yang perlu dilakukan sebagai berikut :

Manfaatkan charger original Apple

Charger original Apple memiliki output daya yang dirancang sesuai dengan kemampuan baterai pada iPhone. Sementara charger abal – abal atau yang bukan ori biasanya dirancang dengan kemampuan output daya pada perangkat bukan pada baterai.

Karena itu ada baiknya selalu gunakan charger original Apple. Jika charger original Apple rusak, beli charger original yang baru di Apple Store.

Hindarkan iPhone dari terpapar suhu ekstrim

Anda harus tahu bahwa pada laman resmi Apple disebutkan jika perangkat iPhone telah dirancang pabrikan untuk bisa beroperasi dengan baik dalam suhu di kisaran 16 derajad sampai 22 derajad celcius.

Karena itu pastikan iPhone ditempatkan pada ruang dan tempat dengan suhu yang sesuai. Hindarkan meletakkan iPhone di suhu yang terlalu ekstrim yakni di suhu yang terlalu rendah atau terlalu panas karena dapat menjadikan perangkat berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan berakhir overheat atau bahkan terbakar atau mati total.

Hindari mengisi baterai menunggu drop

Jangan menunggu perangkat nge-drop dulu baru kemudian perangkat di charge. Pastikan Anda mengisi kembali daya pada perangkat ketika baterai berada di rentang persentase 25% - 15%.

Lakukan pengisian daya sampai penuh atau maksimal 90% sebelum digunakan kembali. Namun hindari perangkat over charge karena over charge dapat berakibat fatal pada kondisi baterai dan sekaligus perangkat.

Baca Juga : Cara Cek Baterai iPhone

Demikian beberapa cara hemat baterai di iPhone yang bisa dilakukan untuk memastikan baterai dalam kondisi sehat dan perangkat bisa digunakan secara optimal. Semoga informasi tips yang kami bagikan di atas menjadi informasi yang menginspirasi dan membawa manfaat.

Posting Komentar