Cara Mengatasi iPhone Di Charge Tidak Bisa Penuh

Author
Published 09.00
Cara Mengatasi iPhone Di Charge Tidak Bisa Penuh
Hp di charge tidak terisi - Bagaimana cara mengatasi iphone yang di charge tidak bisa penuh atau terisi full 100% ? Tidak sedikit pengguna smartphone besutan Apple yang mengeluhkan akan masalah iphone tidak mengisi daya saat di cas. Baterai iphone yang lama penuh meskipun sudah dicharge berjam - jam tentu akan membuat kita merasa kesal. Selain itu tentu pengisian daya batre iphone yang tidak bisa full 100% dapat mengakibatkan aktivitas kita menjadi terganggu.

Sering kali kita berasumsi bahwa iphone yang tidak mau dicas tersebut tentu berasal dari kerusakan pada baterai smartphone apple tersebut. Padahal tidak semua masalah iPhone tidak bisa mengisi daya berasal dari kerusakan baterai, charger ataupu kabel data yang rusak juga dapat mengakibatkan iphone tidak bisa di charge dalam keadaan hidup. Lantas bagaimanakah solusi untuk memperbaiki iphone yang dicas / dicharge tidak penuh - penuh ? Jika kita mengalami masalah seperti charger iPhone tidak masuk dan baterai tidak bertambah saat di charge, kita harus memastikannya terlebih dahulu karena iphone tidak bisa di charge dalam keadaan mati belum tentu baterai iphone yang menjadi penyebabnya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, iPhone Tips akan mencoba memberikan solusi agar smartphone yang kita miliki tersebut dapat kembali mengisi daya dengan normal. Jadi jika kita mengalami kejadian dimana ikon petir di sebelah ikon baterai di bar status sudah muncul namun pengisian daya baterai tidak penuh penuh, jangan terlalu cemas untuk menghadapi kondisi tersebut. Smartphone iPhone tersebut belum tentu mengalami kerusakan karena bisa jadi hanya charger iphone tidak berfungsi yang menjadi penyebab baterai iphone lama penuh saat dicas tersebut. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi iphone, ipad, ipod touch di charge tidak nambah di bawah ini.

Cara Mengatasi iPhone Di Charge Tidak Bisa Full 100%

cara mengatasi iphone tidak bisa dicas

Apabila iphone yang kita miliki mengalami masalah pada pengisian daya baterai yang tidak mau terisi ataupun lama di charge tapi gak bisa 100 %, maka ada beberapa langkah awal yang perlu untuk kita lakukan agar dapat mengetahui penyebab hp dicas malah berkurang tersebut. Diantaranya adalah :

1. Coba charger pada iPhone lain

  • Apabila kita ingin mengetahui charger iphone yang tidak berfungsi maka langkah mudah yang dapat kita lakukan adalah dengan mencoba charger yang kita miliki tersebut pada iPhone miliki teman kita lainnya. Jika iPhone lain dapat mengisi daya menggunakan charger yang kita miliki tersebut maka terdapat kemungkinan iphone tidak bisa dicas tersebut berasal dari perangkat smartphone yang kita miliki. Namun apabila iPhone lain tetap tidak bisa charge, ada kemungkinan masalah pada charger tersebut dan kita harus ganti chargernya.

2.  Hindari penggunaan charger yang bukan bawaan smartphone
Cara Mengatasi iPhone Di Charge Tidak Nambah
sumber foto : Tokopedia

  • Pastikan untuk tetap menggunakan charger yang asli karena charger original bekerja dengan kinerja terbaik dan paling sesuai tentu saja bisa menjaga proses charging baterai sekaligus menjaga kondisi baterai. Untuk itu, biasakan menggunakan charger bawaan ponsel / tidak original karena tidak menutup kemungkinan jika charger tidak original tersebut yang menyebabkan iphone tidak bisa mengisi daya.

3.  Biasakan mengecas pada sumber listrik yang baik
Cara Mengatasi iPhone Di Charge Tidak Nambah
sumber foto : Liputan6

  • Perlu untuk kita ketahui bahwa pihak Apple selalu menyarankan untuk melakukan pengisian daya baterai iphone pada sumber listrik yang disarankan yakni stop kontak. Jangan terbiasa untuk terlalu mengandalkan sumber listrik dari power bank maupun dari laptop karena sumber listrik tersebut tidak selalu menghasilkan daya yang sesuai.

4.  Restart iPhone

  • Dalam beberapa kasus iphone tidak bisa dicas / dicharge sebenarnya bukan karena masalah hardware atau masalah charger saja namun terkadang iPhone tersebut sebenarnya nge-charge akan tetapi tidak dapat menampilkan informasi charging tersebut. Jika memang terjadi demikian maka langkah yang paling mudah untuk memperbaiki proses charging yang error pada iphone tersebut adalah dengan melakukan restart iphone yang kita miliki tersebut.

Akan tetapi jika dengan cara diatas belum dapat memberikan solusi untuk memperbaiki iphone mati total dan tidak bisa di charge maka mungkin kita perlu untuk melakukan beberapa langkah yang ada dibawah ini. Hal ini dikarenakan masalah iphone tidak bisa di charge sebenarnya sangatlah beragam.

lihat juga : 

Cara memperbaiki baterai iphone yang tidak bisa dicas / dicharge 


Pengisian daya pada iphone terlalu lama dan tidak bisa di charge

  1. Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan memastikan kabel pengisi daya dan adaptor USB terhadap tanda - tanda kerusakan, misalnya ujung yang retak atau bengkok
  2. Gunakan stop kontak dinding dan periksa adanya sambungan yang kuat antara kabel pengisi daya, adaptor dinding USB, dan stop kontak dinding, atau coba stopkontak lain
  3. Setelah itu bersihkan kotoran / debu dari port pengisi daya di bagian bawah perangkat, kemudian sambungkan kabel pengisi daya ke perangkat dengan kuat
  4. Biarkan perangkat terisi daya selama setengah jam namun jika iphoe masih saja tidak bisa mengisi daya maka kita perlu untuk langkah - langkah dibawah ini
  5. Reboot ulang iphone tersebut
  6. Terus isi daya perangkat selama setengah jam ke depan.
  7. Jika perangkat tidak dapat menyala atau terisi daya, bawa perangkat, kabel pengisi daya, dan adaptor pengisi daya ke Apple Retail Store atau Penyedia Layanan Resmi Apple untuk dievaluasi. Anda juga dapat menghubungi Dukungan Apple.
Untuk reboot pada beberapa tipe iphone, kita dapat melakukannya sebagai berikut :
  • Cara Reboot iPhone X, iPhone 8, atau iPhone 8 Plus : Tekan dan lepas cepat tombol Volume Naik. Tekan dan lepas cepat tombol Volume Turun. Kemudian, tekan dan tahan tombol Samping hingga logo Apple muncul.
  • Cara Reboot iPhone 7 atau iPhone 7 Plus : Tekan dan tahan tombol Samping dan tombol Volume Turun selama minimal 10 detik, hingga logo Apple ditampilkan.
  • Cara Reboot iPhone 6s dan versi lebih lama, iPad, atau iPod touch : Tekan dan tahan tombol Utama dan tombol Atas (atau Samping) selama minimal 10 detik, hingga logo Apple ditampilkan.

iPhone di cas tidak bisa penuh / berhenti mengisi daya di tingkat 80 %

Pada dasarnya smartphone baik itu android ataupun iphone akan menjadi panas apabila melakukan pengisian daya baterai (ngecas / ngecharge) jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Untuk memaksimalkan umur pakai baterai iphone yang kita gunakan, pihak apple memberikan fitur menarik pada smartphone yang dikeluarkannya yaitu jika baterai menjadi terlalu panas, perangkat lunak dapat membatasi pengisian daya di atas 80 persen.

Dan iPhone akan kembali mengisi daya ketika temperatur sudah menurun, untuk itu coba pindahkan iPhone dan pengisi daya ke lokasi yang lebih dingin.

Tidak bisa ngecharge karena muncul peringatan yang menyatakan bahwa aksesori tidak didukung atau tidak resmi

Perlu untuk kita ketahui bahwa munculnya notifikasi "aksesoris ini mungkin tidak didukung iphone" sering kali disebabkan oleh :

  • Perangkat iOS mungkin memiliki port pengisi daya yang rusak atau kotor
  • Aksesori pengisi daya cacat, rusak, atau tidak resmi Apple
  • Pengisi daya USB tidak didesain untuk mengisi daya perangkat

Untuk mengatasinya kita perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pertama - tama bersihkan debu dari port pengisian daya di bagian bawah perangkat.
  2. Setelah itu mulai ulang perangkat iOS.
  3. Kemudian coba kabel atau pengisi daya USB lain.
  4. Pastikan iphone yang kita miliki tersebut memiliki iOS versi terbaru.
  5. Jika kita mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah tersebut alangkah lebih baiknya jika kita menghubungi Dukungan Apple untuk mengatur layanan.

baca juga :


Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas akan cara menghidupkan iphone yang habis baterai, sekian dan terima kasih ..

Posting Komentar