7 Cara Mengatasi iPhone Sering Mati Sendiri (BOOTLOOP)

Author
Published 01.00
7 Cara Mengatasi iPhone Sering Mati Sendiri (BOOTLOOP)
iPhone bootloop - Bagaimana 7 cara mengatasi iphone yang sering mati sendiri ? Masalah iphone yang sering restart terus menerus tentu bukan menjadi suatu problem baru bagi para pengguna smartphone besutan Apple. Meskipun terbilang ponsel kelas atas, perangkat iPhone tidak akan luput dengan kondisi smartphone yang mati mendadak atau yang sering kita kenal dengan sebutan bootloop. Dimana kondisi HP bootloop yang semakin parah akan mengakibatkan iPhone mati total dan saat dihidupkan hanya muncul logo Apple tidak bisa masuk homescreen.

Sebenarnya masalah ponsel iPhone yang selalu restart berulang ulang ini memiliki banyak faktor penyebabnya. Akan tetapi sering kali kita hanya terfokus akan cara mengatasi iPhone yang hang saja tanpa ingin mengetahui penyebab iphone mati sendiri tersebut. Padahal kita tidak akan dapat memperbaiki masalah iphone hidup mati terus tanpa mengetahui sumber yang menyebabkan masalah iPhone menjadi bootloop tersebut. Alhasil setelah kita mengatasi iPhone yang ngeblank mati sendiri tersebut yang terjadi malah iPhone stuck di logo Apple tidak bisa masuk ke halaman utama.

Oleh karena itu pada pertemuan kali ini iPhone Tips ingin mengajak para pengguna HP Apple untuk mencari jalan keluar akan masalah HP iPhone yang sering mati sendiri tersebut. Perlu untuk kita ketahui bahwa penyebab iPhone sering mati mendadak bisa berasal baik itu dari masalah pada software ataupun hardware perangkat iPhone yang kita miliki. Kondisi baterai iPhone yang terlalu panas ataupun iPhone pernah terjatuh dapat menjadi salah satu penyebab iPhone ngehang mati nyala sendiri. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai 7 cara memperbaiki iphone bootloop tidak bisa masuk homescreen di bawah ini.

8 Cara Mengatasi iPhone Sering Mati Sendiri (BOOTLOOP)

cara mengatasi iphone yang sering mati sendiri

Selain itu, penyebab HP iPhone bootloop tersebut juga dapat berasal dari banyaknya aplikasi ataupun tema yang terinstall pada iPhone yang kita miliki tersebut. Jadi tidak dapat dipungkiri lagi bahwa masalah software ataupun hardware dapat mengakibatkan perangkat iPhone bootloop hanya muncul logo Apple dan bahkan menjadikan iPhone mati total.

Maka dari itu apabila kita mengalami kejadian dimana iPhone hanya muncul logo Apple lalu mati sendiri secara tiba - tiba, kita perlu mencoba 8 tips untuk mengatasi HP iPhone yang mati mendadak tersebut dengan langkah - langkah sebagai berikut :

Cara memperbaiki iPhone yang restart sendiri terus menerus

1. Charge Baterai iPhone

Perlu untuk kita ketahui bahwa baterai merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah smartphone. Untuk itu kita perlu menjaga kondisi dari baterai iPhone yang kita miliki, hal ini dikarenakan kurangnya perhatian akan daya baterai yang tersedia akan mengakibatkan iPhone menjadi mati sendiri secara mendadak.

Dan apabila kita mengalami masalah iPhone yang mati total karena kehabisan baterai maka untuk menghidupkan iPhone tersebut, anda dapat melihatnya pada postingan kami sebelumnya mengenai cara menghidupkan iPhone yang mati total karena kehabisan daya baterai.

2. Cek Konektor Baterai

Masih pada baterai iPhone, kondisi konektor baterai yang rusak juga dapat menjadi salah satu penyebab iPhone sering restart sendiri. Hal ini dikarenakan tidak berjalannya secara normal akan pemberian daya listrik dari sumber daya sehingga membuat perangkat iphone mati hidup sendiri.

Jika memang konektor baterai iPhone yang menjadi sumber permasalahan iPhone bootloop tersebut maka membawanya ke service center adalah langkah terbaik yang perlu untuk kita lakukan.

artikel menarik lainnya :

3. Hard Reset pada iPhone


Tidak dipungkiri untuk mempermudah iPhone yang kita miliki dalam menginstal berbagai aplikasi dan tema perlu adanya Jailbreak iPhone. Akan tetapi, sadarkah kita bahwa terkadang penyebab iPhone sering mati hidup sendiri tersebut berasal dari terlalu banyaknya aplikasi ataupun tema yang kita unduh tersebut ?

Untuk mengatasi masalah iPhone yang mendadak mati tidak bisa hidup tersebut, dapat kita coba untuk melakukan dengan cara hard reset pada iPhone yang kita miliki dengan cara sebagai berikut :

  1. Pertama - tama kita tekan tombol "HOME + POWER" secara bersamaan selama beberapa detik sampai muncul logo Apple
  2. Setelah itu kita tekan dan tahan tombol "Volume UP" pada saat iPhone melakukan proses boot
  3. Kemudian masuk ke "Springboard" dan buka "Cydia"
  4. Lalu kita ingat kembali apa saja aplikasi yang baru saja kita install sebelum terjadinya masalah iphone ngeblank tidak mau hidup tersebut, kemudian hapuslah aplikasi tersebut
  5. Langkah terakhir cobalah reboot pada iPhone dan jika hasilnya iPhone bisa masuk ke home screen setelah proses reboot tersebut selesai maka cara ini sudah berhasil dilakukan

4. Restore iOS pada Perangkat

Apabila dengan cara ketiga belum juga dapat membuat masalah layar iphone mati tapi mesin hidup teratasi maka kita perlu melakukan restore iOS. Untuk melakukan restore iOS tersebut kita membutuhkan bantuan aplikasi iTunes dan PC / Laptop sebagai medianya. Setelah kita menghubungkan iPhone dengan iTunes maka langkah - langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama adalah dengan menekan tombol "HOME + POWER" hingga layar iPhone mati
  2. Setelah itu siapkan USB (original) yang sesuai dengan perangkat iPhone yang kita miliki
  3. Kemudian hubungkan iPhone yang kita miliki dengan komputer menggunakan USB kemudian jalankan iTunes
  4. Langkah berikutnya posisikan perangkat ke Device Firmware Update (DFU) dengan cara menekan tombol "HOME + POWER" secara bersamaan selama kurang lebih 10 detik. Lalu kita lepaskan tombol " POWER" namun tetap menekan tombol "HOME". Tunggu hingga sekitar 10 detik dan kemudian lepaskan tombol "HOME"
  5. Jika langkah diatas sudah kita lakukan dengan benar maka iTunes akan menampilkan sebuah notifikasi. Lalu iTunes akan otomatis memproses restore perangkat ke posisi default setelah mendapatkan notifikasi tersebut
  6. iPhone akan reboot sendiri setelah langkah ke 5 tersebut telah selesai dilakukan. iTunes memberikan opsi untuk me-restore dari backup yang pernah dilakukan. Proses ini memerlukan waktu kurang lebih 2 – 3 jam lamanya
  7. Setelah proses restore, akan muncul notifikasi dan perangkat akan melakukan reboot.
  8. Langkah terakhir, tinggal kita sinkronisasikan saja perangkat dengan iTunes yang sudah dimiliki

5. Melalui Recovery Mode

Sebenarnya langkah kelima ini juga berfungsi untuk mengatasi iPhone stuck di logo iTunes namun cara ini digunakan ketika iTunes tidak bisa terdeteksi pada perangkat iPhone yang kita miliki. Berikut langkah - langkah yang perlu kita lakukan, diantaranya adalah :

  1. Pertama - tama matikan dahulu perangkat iPhone
  2. Setelah itu kita siapkan USB yang sesuai dengan perangkat (original) terlebih dahulu
  3. Lalu juga jangan lupa kita siapkan komputer yang sudah memiliki aplikasi iTunes. Namun perlu kami tekankan sekali lagi, jangan masukkan port lightning iPhone terlebih dulu
  4. Tekan dan tahan tombol "HOME" selama beberapa detik hingga logo iTunes muncul di layar iPhone

6. Mode Factory Reset

Apabila langkah di atas belum juga dapat mengatasi HP iPhone yang bootloop maka langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan menggunakan metode factory reset. Hal ini dilakukan perlu kita lakukan apabila kita mencurigai penyebab iPhone sering mati sendiri tersebut karena adanya kerusakan software ataupun virus didalamnya.

Namun dengan mode Factory Reset ini semua data yang ada perangkat iPhone juga akan ikut terhapus. Akan tetapi jika kita telah melakukan backup di iTunes maka data yang hilang tersebut dapat kita kembalikan lagi.

7. Service Center
Cara Mengatasi iPhone Sering Mati Sendiri

Jika dari semua cara di atas belum juga dapat memperbaiki HP iPhone yang bootloop tersebut maka solusi terakhir adalah dengan membawanya ke service center iPhone di kota kita tinggal. Dengan demikian kita akan mendapatkan perbaikan yang lebih lanjut di tangan yang lebih ahli dibidangnya.
baca juga :
Kesimpulannya, untuk memperbaiki perangkat iPhone yang sering mati mendadak tersebut perlu adanya kesabaran karena untuk mengatasinya sedikit berbeda jika kita bandingkan dengan masalah HP Android yang bootloop.

Demikan pertemuan kita mengenai cara mengatasi iPhone stuck di logo Apple dan tidak dikenali iTunes tersebut. Semoga postingan dari kami di atas dapat memberikan hasil yang lebih baik pada kondisi iPhone yang tidak bisa hidup milik kita tersebut, sekian dan terima kasih ..

5 komentar

Posting Komentar