Cara setting APN semua Operator telkomsel, indosat, XL, Three, Axis, dan Smartfren

Author
Published 11.06
Cara setting APN semua Operator telkomsel, indosat, XL, Three, Axis, dan Smartfren

Cara setting APN semua Operator telkomsel, indosat, XL, Three, Axis, dan Smartfren


APN adalah kepanjangan dari acess point name yang merupakan gerbang utama atau bisa di ibaratkan juga sebagai jembatan penghubung utama antara jaringan internet dengan perangkat anda. jaringan internet yang terhubung bisa berupa jaringan 2G, 3G, 4G maupun LTE.
Tanpa adanya APN maka perangkat anda tidak akan bisa terhubung dengan internet. Biasanya APN sudah terpasang di perangkat secara default sehingga tidak perlu di ubah-ubah lagi, namun jika anda ingin mempercepat APN maka anda bisa setting APN secara manual pada perangkat anda. untuk itu berikut cara setting APN semua operator telkomsel, indosat, XL, Three, Axis danSmartfren.



Setting APN Telkomsel

Telkomsel saat ini menjadi provider terbesar di indonesia dan merupakan perusahaan telekomunikasi milik negara yang saat ini telah tumbuh besar dan memiiki banyak pelanggan setia karena jaringannya yang kuat bahkan hingga ke pelosok daerah.
Oleh karena itu, semakin banyaknya pengguna maka bisa mempengaruhi kecepatan koneksi internet para penggunanya. untuk itu anda dapat setting APN pada telkomsel agar tetap bisa mendapatkan koneksi yang stabil bahkan lebih kencang, Untuk itu berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk setting APN pada kartu telkomsel anda.
·      Buka smartphone anda seperti biasa kemudian masuk ke menu setting atau pengaturan
·   Kemudian pada menu setting akan muncul beberapa pilihan yang di gunakan untuk mengatur berbagai macam pengaturan handphone anda, karena anda akan setting APN maka pilihlah menu jaringan selular
·     Pada menu jaringan selular akan muncul beberapa pilihan, pilihlah menu APN
·   Selanjutnya pada tampilan menu APN ini akan muncul pilihan untuk membuat APN yakni buat APN baru atau Add New APN
·      Setelah itu maka klik menu buat APN baru tersebut dan isikan beberapa data di bawah ini :



Name                            : telkomsel internet untuk setting 3G, Telkomsel 
4G untuk setting 4G
Proxy                             : not set
APN                               : Telkomsel
Username                    : WAP
Port                               : not set
Password                      : wap123
Server                           : not set
MMS proxy                  : not set
MMSC                           : Not set
MMS Port                    : not set
MNC                              : 10
MCC                              : 510
APN Type                     : default
Authentication            : PAP
APN Protocol              : IPv4
Enable/Disable            : APN Enablem
Bearer                           : unspecified
MVNO Value               : not set
MNVO Type                 : not set
Setelah semua data terisi seperti diatas kemudian save APN, maka setelah anda membuat APN tersebut kemudian keluar dari setting APN maka akan muncul APN baru yang telah anda buat. Selanjutnya pilih APN baru yang telah anda buat tersebut sebagai APN Default pada Handphone anda. demikianlah cara setting APN secara manual pada telkomsel yang bisa anda coba tentunya agar koneksi internet anda semakin lancar dan stabil.


artikel menarik lainnya :


Setting APN Indosat

Selanjutnya ada operator indosat yang merupakan operator penyedia jaringan layanan telekomunikasi milik swasta pertama di Indonesia dan telah memiliki jutaan pelanggan setia karena harganya yang relative lebih murah dan sinyal bagus karena menjangkau hingga ke daerah-daerah.
Dengan reputasi indosat yang cukup bagus maka tak heran jika pelanggan setia indosat semakin bertambah setiap tahunnya. Untuk itu jika anda pengguna indosat dan merasa jaringannya kurang bagus atau kurang maksimal maka anda perlu mencoba setting ulang APN pada handphone anda, bukan menggunakan setting APN default yang telah di sediakan di smartphone anda. untuk itu berikut cara setting APN untuk indosat yang perlu anda coba.
Sama seperti setting APN pada umumnya, pertama anda buka handphone anda kemudian masuk ke menu setting. Setelah itu anda akan muncul banyak pilihan setting yang berguna untuk mengatur penggunaan handphone anda.
Untuk seting APN maka anda pilih menu APN. Setelah di pilih menu APN maka akan muncul tambahkan APN pada handphone anda, atau add new APN untuk handphone anda. pilihlah tambah APN baru atau add new APN, setelah itu anda diperintahkan untuk mengisi setingan APN secara manual. Isikan setting APN secara manual tersebut dengan cara sebagai berikut.


Name                   : Indosat untuk 4G dan indosat internet untuk semua jaringan
APN                      : Internet
Port                      : kosongkan
Username           : kosongkan
Password             : kosongkan
Proxy                    : kosongkan
MNC                     : 01
MCC                     : 510
APN Protocol     : iPv4
APN Roaming     : iPv4

Settting APN XL

XL juga merupakan salah satu provider penyedia layanan telekomunikasi yang cukup eksis hingga kini dan telah memiliki pelanggan setia hingga jutaan pengguna di seluruh Indonesia, XL menjadi salah satu operator telekomunikasi milik swasta yang cukup besar dan selalu memberikan harga yang cukup bersaing kepada konsumen atau pelanggannya jika di bandingkan dengan operator lain.
Oleh karena itu, semakin banyaknya pengguna XL hingga saat ini maka bisa mempengaruhi kecepatan dan performa dari layanan telekomunikasi XL. Namun untuk mengakali agar internet anda tetap lancar, anda dapat menggunakan tips mengubah setting APN pada handphone anda. untuk itu berikut cara seting APN XL pada handphone anda.


·      Seperti biasa buka handphone anda kemudian masuk ke menu setting
·      Kemudian karena anda akan setting APN secara manual maka pilih jaringan
·     Selanjutny pada menu jaringan akan muncul beberapa pilihan, pilihlah APN Kemuadian pilih add new APN atau tambah APN baru
·   Setelah itu akan muncul beberapa kolom yang harus di isi, untuk isian kolomnya berikut kami berikan cara setting APN secara manual.
Nama                            : XL Gprs untuk Internet biasa, 4G untuk 4G dan lainnya.
APN                              : intenet atau wap1.xl.co.id
Port                               : 80
Proxy                             : 202 153 129 73
Nama pengguna            : kosongkan
Kata sandi                    : kosongkan
server                            : 8.8.8.8
setelah semuanya di isi maka selanjutnya klik simpan, maka akan tersimpan APN baru yang sudah bisa anda gunakan untuk di jadikan APN default atau APN utama untuk Handphone anda.

Setting APN Three, Axis dan Smartfren

Three, Axis danSmartfren merupakan 3 layanan operator milik swasta yang lebih mengutamakan harga yang murah dan terjangkau, oleh karena itu ketiga kartu ini banyak di gunakan oleh anak muda terutama oleh pelajar dan mahasiswa.
Meskipun harganya murah namun kualitas yang diberikan tidaklah murahan, namun agar dapat menambah kecepatan penggunaan internet anda maka anda perlu setting APN secara manual pada handphone anda.
Untuk carasetting APN three, Axis dan smartfren simak gambar berikut ini :




Untuk itu anda dapat membuat APN baru pada handphone anda dengan cara setting APN pada umumnya kemudian pada kolom nama dan APN di masukan sesuai dengan operator masing-masing yakni Three, axis dan smartfren. Setelah itu pilih Save APN dan anda sudah bisa menggunakan APN yang telah anda buat tersebut sebagai APN default atau APN utama untuk handphone anda.

artikel menarik lainnya :



1 komentar

  1. mantap kak.. jangan lupa mampir ke blog saya :)
    #salam postinks

    BalasHapus

Posting Komentar