Proses Charging iPhone Tidak Berfungsi? Inilah Yang Perlu Untuk Kita Perhatikan!

Author
Published 20.33
Proses Charging iPhone Tidak Berfungsi? Inilah Yang Perlu Untuk Kita Perhatikan!
Charger iPhone - Bagaimana cara mengatasi iphone yang tidak bisa dicas ? Proses pengisian daya baterai pada sebuah smartphone baik itu Android ataupun iOS merupakan suatu hal yang sangat penting. Dan tidak dipungkiri setiap pengguna ponsel cerdas tentu akan kebingungan apabila mengalami masalah ketika sedang mengisi daya baterai perangkat yang dimilikinya tersebut.

Namun yang namanya perangkat elektronik tentu tidak akan luput dari sebuah permasalahan, bahkan ketika kita akan mengecas / mengecharge smartphone sekalipun. Contohnya saja pada perangkat milik Apple ini, ketika sedang terhubung dengan pengisian daya masalah yang sering kali terjadi seperti iphone tidak bisa di charge atau iphone dicas malah berkurang.

Oleh karena itu pada pertemuan kali ini iPhone Tips akan mencoba memberikan beberapa solusi ketika iphone yang kita miliki mengalami masalah seputar proses charger yang tidak berfungsi tersebut.

Cara Mengatasi Charger iPhone Yang Tidak Berfungsi

cara mengatasi charger iphone tidak berfungsi

Penyebab iPhone Tidak Bisa Dicas

penyebab charger iphone tidak berfungsi
foto : tokopedia

Sebenarnya perangkat iphone yang dicas / dicharge tidak mengisi tersebut sering kali terjadi karena beberapa faktor di bawah ini :

  • Terlalu lama mengisi daya baterai
  • Sering kali membiarkan iPhone 5 mati
  • Penggunaan nirkabel atau power bank yang terlalu sering
  • Menggunakan Charger Palsu

Selain dari 4 penyebab yang membuat iphone sering melakukan proses pengisian daya dan tidak menutup kemungkinan mengakibatkan baterai iphone lebih cepat habis diatas, umur pakai juga mempengaruhi kinerja perangkat iphone yang kita miliki. Menurut pengalaman pribadi, dalam kurun waktu pemakaian 2 tahun sejak pembelian baru biasanya masalah - masalah pada ponsel cerdas tersebut mulai bermunculan.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk memperbaiki masalah yang berhubungan dengan charger iphone tersebut, diantaranya :

1. Cara Memperbaiki iPhone Dicas Malah Berkurang


Sebenarnya masalah iphone yang di charger malah berkurang ini disebabkan pada perangkat yang akan digunakan untuk mengisi daya. Untuk itu coba lakukan beberapa langkah sebagai berikut :

Pastikan kita menggunakan aksesoris yang bersertifikat


  • Hal pertama yang perlu kita perhatikan apabila kita mengalami iphone tidak bisa mengisi daya adalah dengan memastikan aksesoris yang kita gunakan bersetifikat apple dan sumber daya yang tepat. Pada saat baterai iPhone yang kita miliki tersebut benar - benar terkuras habis dan mati total, kita akan melihat layar hitam bahkan setelah perangkat tersebut terpasang dengan sumber listrik. Hal ini membutuhkan waktu setidaknya 10 menit untuk iPhone dan 20 menit untuk iPad sebagai indikator bahwa itu sedang diisi.

Cek dan bersihkan konektor usb iphone


Namun apabila kita sudah menggunakan aksesoris bersertifikat tapi setelah smartphone dicas malah muncul peringatan bahwa "Aksesori Anda adalah Tidak Bersertifikat", maka berikut langkah - langkah untuk memperbaikinya :

  • Pertama - tama cek konektor yang pada bagian bawah perangkat kita.
  • Kemudian bersihkan dengan benar (kita dapat membersihkan port USB menggunakan vacuum cleaner atau kain yang lembut tentunya).
  • Setelah kondisi benar - benar bersih maka sambungkan kabel USB kembali.
  • Akan tetapi jika kita masih menemukan peringatan bahwa aksesori atau perangkat tidak bersertifikat, coba dengan mengganti kabel USB atau charger yang berbeda.

2.  iPhone Di Cas Tidak Bisa Penuh


iPhone yang dicas tidak bisa full ini adalah suatu kondisi dimana perangkat tersebut hanya mampu atau selalu berhenti mengisi daya ketika mencapai 80 %. Namun dengan adanya masalah tersebut, pihak apple memberikan beberapa fitur menarik pada perangkat iOS yang dikeluarkannya. Diantaranya :

  • Untuk memaksimalkan umur pakai baterai iphone yang kita gunakan, pihak apple memberikan fitur menarik pada smartphone yang dikeluarkannya yaitu jika baterai menjadi terlalu panas, perangkat lunak dapat membatasi pengisian daya di atas 80 persen. Dan iPhone akan kembali mengisi daya ketika temperatur sudah menurun, untuk itu coba pindahkan iPhone dan pengisi daya ke lokasi yang lebih dingin.

3. Cara Menghidupkan iPhone Yang Mati Total Di Charge Tidak Masuk


Pada permasalahan kali ini, faktor yang mengakibatkan hal tersebut terjadi adalah karena terlalu seringnya kita mengisi daya pada iPhone yang dalam kondisi mati total / baterai 0 persen. Jika sudah terjadi, maka hal yang perlu untuk kita lakukan agar iphone yang mati total tidak bisa di charger tersebut bisa hidup kembali adalah :

  • Langkah pertama, sambungkan perangkat iphone dengan charger original yang kita miliki
  • Setelah itu tunggu sekitar 30 menit perangkat iphone tersebut terisi daya baterainya
  • Jika setelah 30 menit perangkat iphone masih tetap tidak menyala maka coba untuk melakukan restart atau reboot iPhone dengan cara menekan tombol Power dan Home iPhone secara bersamaan
  • Dan nantinya secara otomatis iphone yang kita miliki akan hidup kembali

baca juga :

4.  3 Ciri - Ciri Baterai iPhone Bocor Dan Harus Di Ganti


Dan jika dari semua solusi di atas sudah kita lakukan namun tidak ada hasil yang kita dapatkan maka kita perlu untuk mencurigai adanya masalah pada baterai perangkat iphone itu sendiri. Hal ini dikarenakan charger iphone yang error tersebut bisa berasal karena baterai iphone yang bocor.

Untuk itu pastikan beberapa hal di bawah ini agar kita mengenali tanda - tanda baterai iphone bocor tersebut, diantaranya :

Persentase Baterai Iphone Cepat Habis


  • Untuk mengetahui presentasi kapasitas baterai iphone tentu menjadi suatu hal yang gampang untuk kita lalukan. Kita hanya perlu untuk mengamati tingkat level baterai yang ada setelah itu lihat penurunan daya baterai dengan cepat dan tiba - tiba atau malah dapat stabil. Jika memang demikian dan kapasitas daya baterai cepat terkuras habis dalam waktu yang tidak normal maka hal tersebut sudah dapat menjadi salah satu ciri-ciri baterai iPhone yang rusak.

Baterai iPhone Menggelembung


  • Tentu sudah kita sadari akan kebiasaan buruk ketika mengisi daya ponsel, yaitu mengecas iphone selama semalam penuh. Mengisi daya dan setelah itu kita tinggal tidur merupakan hal yang dapat mengakibatkan baterai iphone menjadi menggelembung. Dengan mengisi ulang baterai secara terus menerus, padahal status baterai sudah terisi penuh tersebut tentu akan membuat baterai iphone menggelembung dan tentu akan sangat berbahaya bagi perangkat iphone tersebut dan juga diri kita. Hal ini dikarenakan baterai yang menggelembung dapat menimbulkan potensi kebocoran dan bahkan meledak.

iPhone Sering Mati Mendadak


  • Jika kita pernah mengalami kejadian dimana iphone yang kita miliki tiba - tiba mati mendadak karena kehabisan daya baterai pada saat digunakan untuk internet ataupun bermain game maka kita patut mewaspadainya. Hal ini dikarenakan 3 tanda - tanda baterai iphone mulai bocor adalah ketika smartphone sering mati sendiri karena baterai habis. Oleh karena itu kita harus segera menanganinya karena tidak menutup kemungkinan jika malah kerusakan menjalaran pada bagian perangkat iphone lainnya.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas masalah charger iphone yang error tersebut. Semoga dengan postingan kali kita bisa mendapatkan beberapa manfaat yang dapat kita terapkan kedepannya, sekian dan terima kasih ..

Posting Komentar