Cara Mengatasi Touchscreen iPhone Yang Tidak Merespon Sentuhan

Author
Published 21.30
Cara Mengatasi Touchscreen iPhone Yang Tidak Merespon Sentuhan
Touchscreen iPhone Error - Bagaimana cara mengatasi touchscreen iphone yang tidak merespon sentuhan ? Perlu untuk kita ketahui bahwa layar iphone yang tidak merespon sentuhan dapat diketahui dengan tanda - tanda touchscreen / lcd ponsel yang tidak bergerak ketika di sentuh. Selain layar sentuh iphone yang tidak bisa disentuh tersebut, masalah seperti layar iphone bergerak sendiri dan layar sentuh iphone tidak berfungsi sebagian merupakan suatu pertanda touchscreen iphone yang error. Untuk itu tidak ada salahnya jika kita mengetahui cara mengatur sensitif layar iphone untuk menghindari terjadinya masalah pada layar lcd ponsel iphone yang kita miliki.

Memang terdapat berbagai macam penyebab touchscreen iphone yang kurang sensitif tersebut, baik itu touchscreen iphone yang error karena kerusakan hardware ataupun pada bagian softwarenya saja. Namun jika layar sentuh iphone yang hanya bisa disentuh pada bagian - bagian tertentu saja kita biarkan berlangsung lama tentu akan mengganggu aktivias kita sehari - hari. Lantas bagaimana cara mengatur sensitivitas layar sentuh iphone yang kita miliki tersebut ? Harapannya, layar iphone tidak merespon sentuhan tersebut hanya karena kerusakan software saja sebab jika touchscreen yang tidak sensitif terjadi karena layar lcd yang rusak maka akan dibutuhkan biaya yang besar untuk memperbaikinya.


Oleh karena itu pada kesempatan kali ini iPhone Tips akan mencoba memberikan beberapa tips yang dapat digunakan agar dapat membuat touchscreen iphone menjadi sensitif kembali. Selain mudah, cara memperbaiki touchscreen iphone yang tidak bisa disentuh kali ini dapat kita lakukan sendiri sebelum kita membawanya ke tempat service smartphone. Disamping itu, tips dari kami kali ini dapat digunakan untuk mengatasi layar lcd iphone yang tidak berfungsi pada iphone 5, iphone 6 dan juga semua tipe iphone yang ada. Untuk itu mari kita langsung saja mulai membahas secara lengkapnya mengenai cara memperbaiki layar sentuh iphone yang kurang sensitif tersebut pada ulasan dibawah ini.

Cara Mengatasi Touchscreen iPhone Yang Tidak Merespon Sentuhan


cara mengatasi touchscreen  iphone tidak merespon sentuhan
source image : https://adamcecc.blogspot.com/2017/04/cara-mengatasi-layar-iphone-yang-tidak.html
Akan tetapi sebelum kita mulai untuk membahas layar lcd atau touchscreen yang tidak berfungsi jika disentuh pada perangkat iphone, alangkah lebih baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui penyebab touchscreen iphone yang tidak merespon sentuhan tersebut. Hal ini dikarenakan agar kita tidak melakukan kesalahan ketika kita akan mencoba untuk membetulkan sensitivitas layar iphone yang tidak responsif tersebut. Oleh karena itu agar kita dapat mengetahui penyebab dan solusi touchscreen iphone yang tidak berfungsi tersebut, mari kita ikuti langkah - langkah sebagai berikut :

Penyebab Dan Solusi Touchscreen Tidak Berfungsi (Error) Sebagian Di Perangkat iPhone


Bersihkan Touchscreen iPhone


Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan saat kita akan mencoba cara mengatasi layar sentuh (touchscreen) iPhone yang tidak merespon atau berfungsi adalah dengan membersihkan touchscreen atau layar sentuh iphone tesebut terlebih dahulu. Untuk membersihkan layar lcd iphone yang kita miliki secara baik dan benar dapat kita ikuti beberapa langkah sebagai berikut :

  1. Pertama - tama jika terdapat hard case, screen protector atau bumper iPhone, kita lepaskan terlebih dahulu
  2. Setelah melepaskan casing atau pengaman layar iPhone, siapkan kain halus 
  3. Kemudian mulai bersihkan layar iPhone dengan cara mengusapkan kain halus tersebut dari atas ke bawah perlahan - lahan hingga tidak ada cairan, kotoran, atau makanan di layar sentuh iPhone
  4. Kotoran atau benda lain yang ada di layar iPhone bisa menyebabkan layar sentuh bergerak sendiri
  5. Begitu juga dengan tangan, atau pena yang akan digunakan pada touchscreen iPhone, pastikan kering atau tidak basah saat menggunakannya

mungkin anda tertarik : 

Ruang Penyimpanan iPhone Penuh


Pada tahap ke dua ini kita perlu memeriksa kapasitas penyimpanan iOS karena ruang penyimpanan iOS habis atau hampir penuh dapat menjadi salah satu penyebab layar sentuh iPhone tidak berfungsi atau merespon terhadap sentuhan. Kita perlu untuk menghapus beberapa aplikasi iOS yang sudah tidak digunakan lagi dengan tujuan agar dapat menambah kapasitas penyimpanan pada perangkat iphone tersebut.

Biasanya penyimpanan hampir penuh disebabkan oleh beberapa aplikasi iPhone seperti Facebook, Instragram, Twitter yang menyimpan file cache yang kita install dan gunakan selama ini. Oleh karena itu mari ikuti beberapa langkah berikut ini untuk mengecek kapasitas penyimpanan iPhone, dengan cara sebagai berikut :

  1. Langkah pertama jalankan aplikasi Settings 
  2. Kemudian tap General 
  3. Storage & Usage 
  4. Setelah itu pilih Manage Storage. 
  5. Pastikan ada ruang kosong sekitar ratusan MB atau kalau perlu hingga satu GB
  6. Langkah terakhir setelah kita menghapus aplikasi iOS, periksa kembali ruang penyimpanan yang tersedia kemudian restart iPhone yang kita miliki

Perbarui dan Hapus Aplikasi


Perlu untuk kita ketahui bahwa tidak semua masalah touch screen iPhone yang tidak merespon berasal dari layar sentuh yang rusak saja namun terkadang aplikasilah yang menjadi penyebab layar iphone tidak merespon sentuhan jika disentuh. Untuk itu apabila kita mendapati kejadian dimana sebuah aplikasi sedang dijalankan lalu aplikasi berhenti otomatis (freeze) dan halaman utama yang muncul, alangkah lebih baiknya jika kita mengupdate aplikasi terlebih dahulu sebelum menjalankan aplikasi tersebut kembali.

Akan tetapi jika kita sudah pernah untuk mengupdate aplikasi tersebut di App Store namun tetap saja menjumpai masalah aplikasi iOS freeze sehingga tidak merespon sentuhan maka yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan menghapus aplikasi iPhone tersebut.

Hard Restart (Hard Reboot) iPhone


Apabila dengan beberapa langkah diatas belum dapat untuk memperbaiki layar iphone yang kurang sensitif tersebut maka restart iphone adalah solusi selanjutnya. Untuk melakukan hard restart atau hard reboot iPhone cukup mudah, tergantung dari model iPhone yang sedang kita gunakan.

Untuk iPhone X, iPhone 8, atau iPhone 8 Plus
  • Tekan dan lepas cepat tombol Volume Naik. Kemudian, tekan dan lepas cepat tombol Volume Turun. Kemudian, tekan dan tahan tombol Samping hingga Anda melihat logo Apple

Untuk iPhone 7 atau iPhone 7 Plus
  • Tekan dan tahan tombol Samping dan tombol Volume Turun selama minimal 10 detik, hingga logo Apple ditampilkan

Untuk iPhone 6s dan versi lebih lama, iPad, atau iPod touch
  • Tekan dan tahan tombol Utama dan tombol Atas (atau Samping) selama minimal 10 detik, hingga logo Apple ditampilkan

Restore iPhone


Apabila setelah melakukan restart perangkat iOS touchscreen iphone 6 bergerak sendiri masih sering terjadi maka backup data kemudian restore iPhone dengan iTunes perlu untuk kita lakukan agar touchscreen iphone dapat kembali sensitif. Jangan kita lupakan untuk membackup data iPhone ke iCloud atau komputer sebelum melakukan restore iPhone karena proses ini akan menghapus semua data iPhone, pengaturannya kembali seperti iPhone baru lagi.

Touchscreen iPhone Pecah / Rusak


Apabila layar sentuh iphone tidak berfungsi tersebut terjadi setelah kita mengalami kejadian dimana perangkat iphone yang kita miliki pernah terjatuh dan mengalami kerusakan pada layar lcd maka tidak dapat dipungkiri untuk memperbaiki layar sentuh yang tidak berfungsi sebagian di iOS tersebut harus dengan mengganti dengan layar sentuh yang baru.

Hubungi Call Center Apple Indonesia


Cara terakhir ini dimana kita menghubungi call center apple adalah suatu cara dimana kita tidak berani atau yakin terhadap semua langkah - langkah kami di atas. Atau jika memang layar sentuh iphone yang kita memiliki kerusakan seperti pecah ataupun retak sehingga membuat touchscreen menjadi tidak merespon maka sebaiknya ajukan saja klaim garansi apabila kita masih memiliki garansi pada perangkat tersebut.

Untuk menghubungi service center resmi iphone dapat kita lakukan melalui https://support.apple.com/id-id/contact

baca juga :


Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang bagaimana cara kita saat menghadapi masalah layar sentuh iphone yang kita miliki tidak merespon terhadap sentuhan. Semoga pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

4 komentar

  1. hallo kak, iphone ku xs max layarnya gabisa disentuh2. udah di restart berulang kali, jg tidak bisa disentuh. gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hp aku juga lagi begini sekarang, boleh tau gk jadinya kenapa hpnya ka?

      Hapus

Posting Komentar