Solusi Sinyal Tidak Ada Layanan, Searching Terus, Sering Hilang (No Service) Di iPhone

Author
Published 03.43
Solusi Sinyal Tidak Ada Layanan, Searching Terus, Sering Hilang (No Service) Di iPhone
Sinyal iphone error - Bagaimana cara mengatasi sinyal iphone yang tidak ada layanan ? Masalah jaringan error di iphone yang mana membuat sinyal iphone searching terus, tiba tiba hilang mendadak / no service tentu sudah sering dialami oleh para pengguna perangkat Apple tersebut. Terlebih lagi jika kita adalah pengguna iphone lawas seperti iPhone 5 dan iPhone 4 sering kali bar sinyal menampilkan notifikasi "No Service" atau tanda silang merah sudah menjadi pemandangan yang biasa. Dengan tidak ada layanan pada perangkat iphone tersebut tentu akan mengakibatkan aktivitas kita menjadi terganggu karena panggilan telepon, SMS tidak bisa digunakan serta safari iphone tidak bisa browsing.

Memang terdapat banyak faktor yang menjadi penyebab sinyal iPhone sering hilang dan jaringan tidak ada layanan tersebut. Namun diantara semua yang ada, salah satu penyebab iphone operator tidak tersedia yang sering terjadi adalah karena adanya kesalahan software di sistem operasi iOS. Lantas adakah solusi untuk memperbaiki iphone yang selalu mencari jaringan atau sinyal tersebut ? Meskipun beberapa sumber mengatakan dengan mengupgrade iphone dapat mengatasi sinyal yang tidak mau muncul di perangkat iphone tersebut, namun ternyata juga tidak sedikit yang mengalami masalah data seluler sudah aktif tapi tidak bisa digunakan untuk internetan setelah kita melakukan upgrade perangkat tersebut.

artikel menarik lainnya :

Oleh karena itu, pada pertemuan kali ini iPhone Tips akan mencoba memberikan informasi mengenai masalah kartu sim iphone yang tidak ada layanan tersebut. Cara kami kali ini dapat digunakan pada perangkat iphone dengan operator seluler kartu gsm ataupun iphone 4 cdma no service. Jadi jika kita mengalami masalah perangkat iphone tidak ada sinyal tersebut, jangan cepat - cepat untuk membawanya ke tukang service namun coba langkah sederhana berikut ini untuk melakukan service hp iphone sendiri terlebih dahulu. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi sinyal 3g tidak muncul di iphone berikut ini.

Solusi Sinyal Tidak Ada Layanan, Searching Terus, Sering Hilang (No Service) Di iPhone 

cara mengatasi sinyal tidak ada layanan di iphone

Untuk mengembalikan sinyal iphone yang hilang ataupun tidak ada layanan pada perangkat iphone tersebut mari kita coba beberapa cara di bawah ini, diantaranya adalah :

Cara memperbaiki masalah sinyal iPhone yang error dengan mudah


1. Periksa Jangkauan Area

Untuk mengatasi masalah data seluler tidak bisa aktif di iphone yang pertama adalah dengan memastikan jangkauan jaringan seluler ada pada tempat kita berada. Kemudian ikuti langkah - langkah di bawah ini :

  • Apabila kita tidak dapat terhubung ke jaringan seluler di iPhone, pastikan data seluler menyala dengan masuk pada Pengaturan > Seluler. Untuk iPad, buka Pengaturan > Data Seluler 
  • Namun apabila kita bepergian ke luar negeri, pastikan perangkat apple tersebut sudah diatur untuk roaming data dengan cara Buka Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Roaming Data

2. Memulai ulang iPhone atau iPad

Langkah berikutnya untuk memperbaiki sinyal iphone yang selalu searching terus adalah dengan melakukan restart perangkat iphone tersebut. Untuk melakukan restart iphone tersebut cukup mudah, kita hanya perlu mematikan iPhone kemudian tunggu beberapa saat, setelah itu baru kita nyalakan iPhone tersebut kembali.

Kemungkinan perangkat iphone terdapat kesalahan pada software apabila setelah direstart sinyal iPhone masih hilang atau tetap saja tidak ada sinyal di iPhone.

3. Periksa Pembaruan Pengaturan Operator

Apabila langkah kedua di atas belum memberikan hasil terbaik untuk memperbaiki iphone yang mengalami masalah jaringan "no service", maka tidak ada salahnya jika kita mencoba memeriksa dan menginstal pembaruan pengaturan operator secara manual dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  • Pastikan perangkat iphone yang kita miliki sudah terhubung ke Wi-Fi atau jaringan seluler. Setelah itu ketuk Pengaturan > Umum > Mengenai. Jika pembaruan tersedia, kita akan melihat pilihan untuk memperbarui pengaturan operator.
  • Untuk melihat versi pengaturan operator di perangkat, ketuk Pengaturan > Umum > Mengenai, lalu lihat di sebelah Operator.

Apabila memasukkan kartu SIM baru ke iPhone atau iPad, kita harus mengunduh pengaturan operator terlebih dahulu untuk operator baru

4. Cabut Dan Pasang Kartu SIM Kembali
cara mengatasi sinyal tidak ada layanan di iphone

Tidak ada salahnya apabila sinyal atau jaringan tidak mau muncul di iphone dengan kita memeriksa kondisi kartu sim terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan terkadang penyebab sinyal tidak mau muncul di iphone tersebut adalah kartu SIM rusak atau tidak pas berada di tempat kartu SIM.

5. Atur Ulang Pengaturan Jaringan

Buka Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan.
Langkah mengatasi sinyal sering hilang pada perangkat iphone tersebut juga akan mengatur ulang jaringan dan kata sandi Wi-Fi, pengaturan seluler, serta pengaturan VPN dan APN yang telah kita gunakan sebelumnya.

baca juga :

6. Update Software dan Pengaturan Jaringan

Tidak dipungkiri bahwa salah satu penyebab sinyal iphone hilang mendadak adalah karena terdapat pembaharuan sistem pengaturan jaringan dan software. Berikut ini adalah 2 cara untuk mengupdate perangkat iphone tersebut, yaitu :

  • Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah menghubungkan perangkat iphone yang kita miliki dengan WiFi atau Data Seluler, setelah itu periksa apakah terdapat pembaharuan perangkat untuk iPhone tersebut dengan cara masuk pada Pengaturan > Umum > Pembaharuan Perangkat Lunak. Apabila tidak tersedia pembaharuan baru, pilih Pengaturan > Umum > Mengenai untuk mengecek apakah ada update pengaturan jaringan. Tunggu beberapa saat, jika ada perintah update maka silakan update.
  • Namun apabila iPhone yang kita miliki tersebut tidak dapat konek dengan jaringan maka hubungkan dengan Macbook atau iMac. Buka iTunes yang akan secara otomatis memeriksa apakah terdapat pembaharuan untuk iPhone dan iPad yang kita miliki, termasuk pengaturan jaringan. Dan apabila tersedia pembaharuan maka akan muncul permintaan untuk melakukan update dan silakan mengikuti petunjuk yang ada.

7.  Hubungi Operator

Selain beberapa penyebab iphone tidak ada layanan seperti yang sudah kita bahas di atas, masalah dengan operator atau akun dapat memengaruhi layanan pada perangkat apple tersebut. Untuk itu kita perlu menghubungi operator dengan tujuan sebagai berikut :

  • Memastikan akun yang kita miliki dalam kondisi aktif dan memiliki reputasi yang baik
  • Memastikan tidak ada gangguan di area tempat kita berada
  • Memastikan bahwa perangkat tidak terblokir sehingga tidak dapat menerima layanan seluler dan telah diatur dengan paket data yang sesuai

Namun apabila kita masih tidak dapat terhubung ke jaringan seluler, dan telah memastikan kepada operator bahwa tidak ada masalah pada akun atau jaringan maka coba pulihkan perangkat iphone tersebut

8. Bawa Ke Service Center iPhone Terdekat

Langkah satu - satunya apabila semua cara di atas belum memberikan hasil untuk mengatasi iphone hilang sinyal tersebut adalah dengn membawa ke service center terdekat dengan tempat kita tinggal. Hal ini diperlukan untuk memastikan kerusakan yang ada karena tidak dipungkiri masalah jaringan tidak terlihat pada perangkat iphone tersebut dikarenakan kerusakan part seperti ic baseband iphone.

artikel menarik lainnya :


Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi sinyal iphone yang sering hilang timbul dan bahkan hilang total tersebut. Semoga pertemuan kita kali dapa memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

1 komentar

Posting Komentar