Cara Mengatasi Iphone Tidak Bisa Dicharge / Dicas

Author
Published 05.00
Cara Mengatasi Iphone Tidak Bisa Dicharge / Dicas
iPhone tidak bisa di charge - Bagaimana cara mengatasi iphone yang tidak bisa di charge dalam keadaan hidup ataupun mati ? Tentu tidak sedikit pengguna apple yang pernah mengalami masalah iphone tidak bisa di charge dalam keadaan hidup. Terkadang tidak hanya tidak bisa di cas saat kondisi hidup saja namun iphone tidak bisa di charge dalam keadaan mati juga dapat terjadi. Kondisi tidak dapat dicharge tersebut terlihat karena baterai iphone tidak bisa bertambah meskipun sudah di cas lama malah terkadang icon petir yang menandakan hp iphone sedang mengisi daya tidak muncul.

Memang sangat banyak sekali yang menjadi faktor penyebab iphone tidak bisa terhubung ke pengisi daya yang mana charger iPhone tidak masuk dan baterai tidak bertambah walaupun sudah di charge berjam - jam sekalipun. Namun masalah charger iphone menjadi salah satu faktor penyebab yang sering terjadi sehingga membuat iphone tidak bisa mengisi daya. Lantas bagaimana cara memperbaiki iphone yang tidak bisa di cas tersebut ? Tentu kita tidak boleh menganggap remeh masalah iphone tidak mengisi daya tersebut, lakukan perbaikan sebelum membuat iphone mati total dan tidak bisa di charge karena kehabisan baterai.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami iPhone Tips akan mencoba memberikan informasi mengenai penyebab dan solusi iphone di charge / di cas tidak bisa penuh. Dengan harapan setelah membaca tips iphone kami ini, kita tidak akan bingung lagi akan kenapa charger iphone not supported. Meskipun hal terburuk dari charger iphone tidak ada tanda petir adalah karena port charger atau charging port iphone yang rusak, kami akan memulai dari hal yang terkecil dan terkadang tidak kita sadari. Oleh karena itu mari langsung saja kita simak ulasan mengenai cara mengatasi iphone tidak bisa di cas karena charger iphone tidak berfungsi secara lengkap di bawah ini.

Cara Mengatasi Iphone Tidak Bisa Dicharge / Dicas

cara mengatasi iphone tidak bisa di charge

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu untuk kita pastikan terlebih dahulu ketika kita mnghadapi masalah seperti iphone dicas panas, iphone tidak mengisi daya ataupun iphone mati ketika charger dicabut, diantaranya adalah :

Cek Charger iPhone

  • Untuk memastikan perangkat apple yang tidak dapat mengisi daya karena ada atau tidak kerusakan pada charger iphone maka langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah mencobanya pada perangkat iphone lainnya. Jika charger iphone yang kita miliki ternyata juga tidak dapat digunakan untuk ngecharge pada hp iphone lainnya maka terdapat kemungkinan adanya masalah pengisian daya pada charger iphone yang tidak berfungsi di bagian kepala charger iphone ataupun kabel chargernya.
  • Namun sebelum kita memutuskan untuk mengganti charger iphone karena tidak bisa untuk ngecas, pastikan terlebih dahulu charger yang kita gunakan adalah charger iphone original atau asli bawaan ponsel. Hal ini memang terkadang terjadi pada iphone tidak dapat mengisi daya dan muncul notifikasi masalah aksesoris iphone yang dikarenakan aksesoris iphone yang digunakan tidaklah asli bawaan apple.
  • Akan tetapi jika dari charger hp iphone itu sendiri tidak mengalami masalah maka terdapat kemungkinan bahwa port charger iphone yang kita miliki tersebut kotor ataupun rusak. Untuk itu jika kita sudah menggunakan charger asli dan dicoba pada iphone lain dapat berfungsi namun pada hp iphone sendiri malah tidak bisa untuk ngecas maka jangan ragu untuk membersihkan charging port perangkat iphone tersebut.

baca juga :

Gunakan Sumber Listrik Terbaik

Jika kita tidak ingin mengalami masalah hp iphone di cas tapi tidak mengisi maka hindari kebiasaan ngecharge smartphone menggunakan powerbank ataupun melalui laptop. Sumber listrik tersebut tidak selalu menghasilkan daya yang sesuai sehingga dapat mengakibatkan charger iphone tidak ada tanda petir dan bahkan iphone dicas malah berkurang. Oleh karena itu jika iPhone, iPad, atau iPod touch tidak dapat mengisi daya maka coba gunakan sumber listrik sebagai berikut :

Stopkontak daya
  • Sambungkan kabel pengisi daya ke adaptor dinding USB, setelah itu hubungkan adaptor ke stopkontak dinding

Komputer
  • Sambungkan kabel pengisi daya ke port USB 2.0 atau 3.0 yang menyala dan tidak dalam mode tidur. Dan pastikan kita tidak menggunakan port USB di keyboard

Aksesori daya
  • Sambungkan kabel ke hub USB berdaya, stasiun dock, atau aksesori resmi Apple lain

Restart iPhone

  • Perlu untuk kita ketahui bahwa tidak semua masalah iphone tidak bisa di charge dalam keadaan hidup tersebut disebabkan karena kerusakan pada hardwarenya saja. Terkadang masalah softwarepun juga dapat menjadi penyebab hp iphone di charge namun indikator charger tidak jalan, oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita melakukan restart pada smartphone apple tersebut. (baca juga : Cara Mengatasi Indikator Baterai iPhone Error Dengan Kalibrasi Baterai)
    cara mengatasi iphone tidak bisa di charge
  • Untuk melakukan restart pada perangkat iphone tersebut sebenarnya cukup mudah, kita hanya perlu mematikan smartphone yang kita miliki tersebut dan kemudian kita hidupkan kembali. Namun sebelum kita menghidupkan kembali jangan lupa untuk melepaskan baterai terlebih dahulu jika memang iphone yang kita miliki menggunakan jenis baterai non removable. Setelah itu baru kita coba hubungkan kembali pada charger untuk mengisi daya.

Cara memperbaiki iphone yang error ketika di charge 


Akan tetapi jika kita telah melakukan pengecekan menggunakan cara - cara di atas namun iphone mati ketika charger dicabut karena pengisian daya tidak masuk maka di bawah ini akan kami berikan beberapa informasi mengenai masalah yang sering terjadi saat iphone sedang di charge / di cas dan solusi untuk memperbaikinya, diantaranya adalah :

iPhone di charge lama tidak penuh - penuh (butuh waktu lama untuk baterai full)
cara mengatasi iphone tidak bisa di charge

1. Pertama - tama lakukan pengecekan terhadap kabel pengisi daya dan adaptor USB yang memiliki tanda - tanda kerusakan, misalnya saja seperti ujung yang retak atau bengkok

2. Pastikan kita menggunakan sumber daya listrik seperti yang sudah kita bahas pada ulasan diatas

3. Jika hp iphone tidak dapat terhubung ke konektor charger maka coba bersihkan debu dari port pengisi daya di bagian bawah perangkat, setelah itu sambungkan kabel pengisi daya ke perangkat dengan kuat

4. Biarkan perangkat iphone terisi daya selama setengah jam namun apabila masih tidak memberikan respon positive maka paksa perangkat agar memulai ulang, dengan cara sebagai berikut :
  • Di iPhone 6s dan versi lebih lama, iPad, atau iPod touch: Tekan dan tahan tombol Utama dan tombol Atas (atau Samping) selama minimal 10 detik, hingga logo Apple ditampilkan.
  • Di iPhone 7 atau iPhone 7 Plus: Tekan dan tahan tombol Samping dan tombol Volume Turun selama minimal 10 detik, hingga logo Apple ditampilkan.
  • Di iPhone X, iPhone 8, atau iPhone 8 Plus: Tekan dan lepas cepat tombol Volume Naik. Tekan dan lepas cepat tombol Volume Turun. Kemudian, tekan dan tahan tombol Sambing hingga logo Apple muncul.
 Setelah itu biarkan perangkat iOS tersebut untuk mengisi daya selama setengah jam ke depan

5.  Namun apabila perangkat apple tidak bisa di charge masih terjadi setelah kita melakukan langkah - langkah di atas maka tidak ada salahnya jika kita membawanya ke Apple Retail Store atau Penyedia Layanan Resmi Apple untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih lanjut

iPhone berhenti mengisi daya setelah terisi 80 persen

  • iPhone makin lama makin panas selama pengisian. Untuk memaksimalkan umur pakai baterai Anda, jika baterai menjadi terlalu panas, perangkat lunak dapat membatasi pengisian daya di atas 80 persen. iPhone akan kembali mengisi saya saat temperatur menurun. Coba pindahkan iPhone dan pengisi daya ke lokasi yang lebih dingin

Mungkin anda tertarik :
  1. Cara Cek Baterai iPhone Yang Rusak Dan Butuh Penggantian
  2. Cara Menghidupkan Hp Xiaomi Yang Mati Total Dan Tidak Bisa Dicas

Muncul notifikasi "aksesori tidak didukung atau tidak resmi" saat iphone di charge

Apabila kita mengalami masalah seperti munculnya pemberitahuan bahwa aksesoris tidak didukung biasanya hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti perangkat iOS mungkin memiliki port pengisi daya yang rusak atau kotor, aksesori pengisi daya cacat, rusak, atau tidak resmi Apple, atau pengisi daya USB tidak didesain untuk mengisi daya perangkat. Oleh karena itu untuk mengatasinya mari kita ikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  1. Bersihkan debu dari port pengisian daya di bagian bawah perangkat
  2. Mulai ulang perangkat iOS
  3. Coba kabel atau pengisi daya USB lain
  4. Pastikan kita memiliki iOS versi terbaru
  5. Hubungi Dukungan Apple untuk mengatur layanan

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang bagaimana cara mengatasi hp iphone yang tidak bisa dicharge / dicas. Semoga pertemuan kita kali dapat memberikan manfaat kepada kita semua khususnya para pengguna iphone yang mengalami hp mati sendiri ketika charger di lepas, sekian dan terima kasih ..

1 komentar

  1. Kalo ganti connector kira² habis berapa ya? Dan berapa lama pengerjaannya? Atau lebih baik beli baru?

    Informasi terbaru tentang Harga iPhone 13 2023

    BalasHapus

Posting Komentar