Cara Memperpanjang Baterai iPhone Agar Lebih Awet

Author
Published 10.51
Cara Memperpanjang Baterai iPhone Agar Lebih Awet

Cara Memperpanjang Baterai iPhone Agar Lebih Awet

Cara memperanjang umur baterai iPhone merupakan salah satu tips yang banyak dicari agar baterai iPhone menjadi lebih awet dan tahan lama. Untuk kalian yang ingin baterai iPhone lebih awet silahkan simak tipsnya di bawah ini.
iPhone merupakan salah satu smartphone yang didesain untuk memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya. Dimana untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kombinasi antara teknologi yang canggih dengan desain atau rancang bangun yang modern dan terbaru.
Salah satu kecanggih yang dimiliki iPhone terlihat dari baterainya. Pasalnya baterai yang ada pada iPhone dibuat dengan teknologi yang rumit. Dimana didalam baterai tersebut terdapat berbagai variabel yang dapat mempengaruhi kinerja atau perfroma iPhone. Baterai iPhone sendiri menggunakan teknologi litium ion.
Adapun keunggulan baterai yang menggunakan teknologi lithium ion jika dibandingkan dengan baterai generasi sebelumnya antara lain adalah proses pengisian baterai lithium yang lebih cepat. Selain itu baterai lithium memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dengan kemasan yang lebih ringan dan juga dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan baterai generasi sebelumnya.
Namun dibalik keunggulan yang dimiliki baterai lithium ion, tetap saja baterai lithium ion termasuk komponen yang habis pakai dan memiliki kapasitas yang terbatas. Bahkan dengan seiring bertambahnya umur baterai lithium ion, bisa saja baterai lithium ion mengalami penurunan performa bahkan tidak menutup kemungkinan akan mengalami kerusakan.
Untuk bisa memperpanjang umru baterai lithium ion pada iPhone, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan misalnya seperti jangan mengisi daya baterai secara penuh jika ingin disimpan dalam waktu yang lama. Selain itu hindari dari paparan sinar matahari secara langsung jika sedang menggunakan iPhone.

Cara Memperpanjang Umur Baterai iPhone

Adapun hal-hal lain yang dapat kalian lakuakan untuk cara memperpanjang umur baterai iPhone dapat kalian lihat informasi dibawah ini.


Memperbarui Perangkat Lunak Atau iOS

Salah satu cara memperpanjang umur baterai iPhone atau menjaga kesehatan baterai iPhone adalah dengan cara memperbarui iOS pada iPhone ke versi iOS yang terbaru.
Pasalnya pada saat memperbarui atau melakukan update iOS pada iPhone kalian. Biasanya didalam iOS terbaru tersebut, Apple sudah melengkapinya dengan teknologi penghematan daya yang canggih. Dimana teknologi tersebut dapat meningkatkan umur baterai iPhone atau menjaga kesehatan baterai iPhone.



Adapun cara untuk mengupdate iOS pada iPhone kalianm langsung saja simak informasinya dibawah ini.
·        Langkah pertama kalian harus menghubungkan iPhone kalian ke sumber daya dan juga ke sambungan internet. Supaya proses update iOS berjalan dengan lancar usahakan menggunakan wifi yang stabil dan cepat
·        Selanjutnya kalian buka menu pengaturan yang ada pada iPhone kalian.
·        Setelah itu kalian pilih menu umum. Jika menu umum sudah dipilih, nanti akan muncul beberapa menu lainnnya. Namun untuk memperbarui iOS kalian cukup pilih menu pembaruan perangkat lunak.
·        Berikutnya kalian pilih unduh. Jika pada saat kalian mengunduh muncul notifikasi untuk menghapus aplikasi sementara karena pembaharuan perangkat lunak yang membutuhkan banyak ruang penyimpanan kalian langsung saja pilih lanjut.
·        Jika kalian ingin melakukan pembaruan perangkat lunak sekarang, maka kalian pilih instal. Sedangkan jika kalian ingin melakukan pembaruan nanti, maka kalian cukup pilih nanti.
·        Langkah terakhir adalah menunggu proses pembaruan perangkat lunak atau iOS selesai.


artikel menarik lainnya :


Hindari Penggunaan iPhone Di Tempat Yang Memiliki Suhu Panas

Selain melakukan pembaruan perangkat lunak atau iOS, untuk cara memperpanjang umur baterai iPhone atau menjaga kesehatan baterai iPhone ada juga hal lain yang perlu kalian perhatikan. Adapun hal tersebut adalah dengan menghindari penggunaan iPhone ditempat yang memiliki suhu panas hingga 35O C atau lebih.


Pasalnya iPhone yang kalian gunakan dirancang untuk beroperasi dengan baik di lingkungan atau tempat yang bersuhu di kisaran 16OC sampai 22O C. Jika iPhone kalian digunakan pada lingkungan atau tempat dengan suhu yang mencapai 35OC bahkan lebih hal itu tentu bisa saja merusak baterai iPhone kalian.
Atau dengan kata lain kesehatan baterai iPhone kalian akan menurun. Dimana misalkan baterai kalian sebelumnya jika diisi penuh bisa bertahan hingga 2 jam, namun jika digunakan di lingkungan atau tempat yang bersuhu panas bisa saja hanya mampu bertahan 1 jam saja.

Mengaktifkan Mode Rendah Daya

Adapun cara lain yang bisa kalian lakukan untuk cara meningkatkan umur baterai Iphone adalah dengan mengaktifkan mode rendah daya. Dimana mode rendah daya dapat kalian temukan pada iPhone dengan iOS 9 atau dengan versi diatasnya.
Dengan mode rendah daya maka iPhone kalian secara otomatis akan memberikan notifikasi jika tingkat baterai sudah mencapai 20% dan juga 10%. Selain itu dengan mengaktifkan mode rendah daya maka kecerahan pada layar akan berkurang. Tapi meskipun kecerahannya berkurang performa iPhone tetap optimal.
Selain itu dengan mengaktifkan mode rendah daya, hal tersebut akan menonaktifkan fitur lainnnya seperti fitur AirDrop, penyelarasan iCloud hingga kontinuitas juga akan dinonaktifkan. Dengan begitu baterai iPhone kalian akan dapat bertahan dengan lebih lama.
Walaupun dengan mengaktifkan mode rendah daya ada beberapa fitur yang dinonaktifkan, hal tersebut tidak akan menganggu fitur utamanya seperti untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, mengirim dan menerima email atau pesan bahkan mengakses internet juga masih bisa dilakukan.


Bagi kalian yang ingin tahu bagaimana cara mengaktifkan mode rendah daya, ada baiknya untuk menyimak informasi dibawah ini.




·        Langkah pertama yang harus kalian lakukan utnuk mengaktifkan mode rendah daya adalah kalian harus masuk ke menu pengaturan pada iPhone kalian terlebih dahulu.
·        Setelah menu pengaturan sudah kalian pilih, nanti akan muncul beberapa menu lainnya. Namun untuk bisa mengaktifkan mode rendah daya, kalian cukup pilh menu baterai.
·        Jika menu baterai sudah berhasil kalian pilih, kalian langsung saja aktifkan mode daya rendah. Lalu kaian tunggu sampai proses selesai.

Mengisi Separuh Daya Jika Ingin Menyimpan iPhone Dalam Waktu Yang Lama

Adapun hal lain yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan atau meningkatkan umur baterai iPhone adalah dengan mengisi separuh daya jika ingin menyimpan iPhone dalam waktu yang cukup lama.
Waktu yang cukup lama maksudnya adalah menyimpan iPhone dalam waktu lebih dari 6 bulan. Jika kalian ingin menyimpan iPhone kalian dalam waktu lebih dari 6 bulan, usahakan setiap 6 bulan sekali kalian melakukan pengisian daya baterai hingga 50%.
Selain itu kalian juga tidak boleh melakukan pengisian daya baterai secara penuh atau 100% jika memutuskan untuk menyimpan iPhone tersebut dalam waktu yang lama. Pasalnya jika iPhone dalam keadaan terisi penuh lalu disimpan dalam waktu yang lama, hal itu bisa mengakibatkan hilangnya sebagian kapasitas baterai yang menyebabkan umur baterai menjadi lebih pendek.
Kemudian kalian juga tidak boleh mengosongkan daya baterai sepenuhnya jika memutuskan untuk menyimpan iPhone dalam waktu yang lama. Dimana hal tersebut dapat menyebabkan baterai masuk kedalam keadaan pengosongan dalam.
Jika baterai sudah masuk dalam keadaan pengosongan dalam maka hal itu bisa berakibat fatal bahkan bisa membuat baterai tidak mampu lagi untuk menyimpan daya atau energi sama sekali.

Posting Komentar