Cara Memperbaiki GPS Yang Error Di Hp Android

Author
Published 01.20
Cara Memperbaiki GPS Yang Error Di Hp Android
GPS Android Error - GPS memang menjadi suatu alat bantu yang sangat dibutuhkan sekarang ini, dimana kita akan mendapatkan berbagai kemudahan dari fitur aplikasi google maps ini. Menemukan lokasi yang belum pernah kita kunjungi yang dilengkapi dengan rute petunjuk arah beserta lalu lintas yang ada bisa kita nikmati pada gps navigasi dari goole maps pada smartphone android yang kita miliki. Akan tetapi pernahkah kita bayangkan jika kita menghadapi masalah google maps pada hp android yang kita miliki tersebut mengalami kerusakan atau error ? Entah itu karena google maps yang tidak bisa dibuka pada hp android, maps abu abu pada smartphone android yang kita miliki ataupun saat kita membuka aplikasi google maps tiba - tiba menutup dengan sendirinya.

Lantas jika kita menghadapi masalah tersebut, bagaimana langkah yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki aplikasi google maps yang error tersebut ? Sebab jika kita biarkan berlarut - larut maka kita akan menghadapi masalah baru seperti munculnya notifikasi "Sayangnya Maps Telah Berhenti" atau "Unfortunately Maps Has Stopped" pada layar ponsel android yang kita miliki ataupun gps android menjadi tidak akurat. Berikut langkah - langkah yang mungkin perlu untuk kita lakukan agar dapat mengatasi google maps hp android yang tidak berfungsi sebagai berikut :

Cara Memperbaiki GPS Yang Error Di Hp Android

cara memperbaiki gps error di hp android
sourch image : http://adamcecc.blogspot.com/2017/07/cara-mengatasi-google-maps-tidak-bisa.html

1. Matikan, Cabut Baterai, Memori, dan SIM Card

Langkah pertama yang dapat kita lakukan untuk mengatasi maps abu abu pada hp android yang kita miliki, untuk itu berikut beberapa langkah yang dapat kita lakukan adalah :
  • Matikan smartphone >> cabut baterai, memori card, dan SIM card >> Tunggu hingga beberapa saat supaya tidak ada daya yang masuk ke smartphone >>Pasang kembali dan coba aplikasi google maps di hp android tersebut

2. Hapus File Temporary

Menghapus file sampah yang ada pada hp android merupakan salah satu cara untuk mengatasi Google Maps yang tidak bisa dibuka yang dapat kita lakukan pada langkah kedua kali ini. Langkah pertama ini dapat dikatakan sangat ampuh untuk memperbaiki google maps yang error tidak bisa dibuka. Dan untuk menghapus file temporary tersebut dapat kita lakukan secara manual ataupun menggunakan bantuan aplikasi cleaner seperti CCleaner, 1 Tap Cleaner, Clean Master, DU Speed Booster, atau aplikasi Cleaner lainnya. Untuk menghapus file sampah yang ada pada smartphone android agar titik biru google maps yang tidak muncul tersebut dapat teratasi, langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah sebagai berikut :

  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari "Maps" >> Kemudian tap "Hapus Cache"

3. Update Aplikasi Maps

Cara selanjutnya yang dapat kita lakukan ketika hp android tidak dapat terhubung ke maps jika langkah - langkah diatas belum dapat memperbaiki google maps yang error di hp android adalah dengan meng-update aplikasi Maps ke versi paling baru.

Dengan kita melakukan pembaharuan aplikasi, kita dapat menghilangkan bugs atau kerusakan pada aplikasi tersebut dengan mudah dan cepat. Di samping itu update aplikasi google maps juga membuat fitur dan tampilan terbaru bisa kita dapatkan sehingga masalah gps android tidak akurat dapat teratasi.

4. Paksa dan Hapus Data

Cara keempat kali ini juga cukup efektif untuk menghadapi masalah aplikasi maps error atau macet jika dirasa beberpa cara di atas belum mampu mengatasi google maps yang error tersebut. Dengan menghentikan aplikasi secara paksa dan menghapus data aplikasi Maps ternyata juga dapat memperbaiki hp android yang sering muncul notifikasi "Sayangnya Maps Telah Berhenti".

Namun perlu untuk kita ketahui bahwa Basis data, data login, setelan, cache, dan lainnya akan menghilang sementara secara permanen jika kita menghapus data aplikasi google maps tersebut. Berikut langkah - langkah cara menghapus data aplikasi google maps di hp android yang dapat kita lakukan, diantaranya :
  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >>Semua >> Cari "Maps" >> Kemudian tap "Paksa Berhenti" dan "Hapus Data"

5. Factory Reset Android

Apabila semua langkah diatas sudah kita lakukan namun belum ada hasil yang kita peroleh untuk mengatasi google maps tidak bisa dibuka di hp android tersebut maka Factory Reset atau mengembalikan Android ke setelan Pabrik (Bawaan) perlu untuk kita lakukan. Langkah ini bukanlah suatu langkah yang direkomendasikan namun merupakan langkah terakhir apabila kita sudah tidak dapat menemukan solusi permasalahan tersebut.

Akan tetapi sebelum kita melakukan factory reset alangkah lebih baiknya jika kita melakukan backup semua data yang ada pada hp android yang kita miliki ke dalam komputer atau Memori Eksternal Android. Untuk melakukan factory reset pada hp android, dapat kita lakukan seperti langkah berikut ini :
  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Buat Cadangan dan Reset >> Kemudian tap "Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar"

baca juga :
  1. Cara Mengatasi Registrasi Kartu Sering SIM Gagal Menggunakan Hp Android
  2. Cara Memperbaiki Baterai Hp Android Yang Bocor


Demikian ulasan mengenai aplikasi google maps yang tidak berfungsi pada hp android yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga postingan kami kali ini selalu memberikan manfaat untuk anda para pembaca situs ini, sekian dan terima kasih ..

Posting Komentar