12 Cara Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Habis

Author
Published 09.00
12 Cara Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Habis
Baterai iPhone boros - Bagaimana cara mengatasi baterai iphone cepat habis ? Banyak cara yang pernah kita lakukan agar baterai iphone tidak cepat habis seperti yang kita alami sekarang ini. Namun baterai iphone yang boros tersebut sebenarnya adalah suatu hal yang wajar karena kemampuan baterai iphone yang semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu jika perangkat iphone 6 cepat panas dan habis baterai dalam penggunaan yang lama, kita tidak perlu panik karena hal tersebut tentu juga banyak dialami oleh pengguna smartphone besutan Apple.

Namun jika yang terjadi baterai iphone cepat habis secara tidak wajar atau dapat dikatakan baterai iphone ngedrop dan dicas lama baterai iphone lama penuh maka kita harus mewaspadai hal tersebut. Cara mengetahui baterai iphone bocor adalah salah satu yang perlu untuk kita pahami terlebih dahulu sebab terdapat kemungkinan baterai iphone yang tidak bisa hidup jika tidak dicas tersebut bersumber pada masalah baterai yang bocor. Lantas bagaimana cara membuat agar baterai iphone awet kembali ? Meskipun mengganti baterai iphone dengan yang baru merupakan solusi terbaik untuk mengatasi baterai yang boros, kita perlu memerlukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami iPhone Tips akan mencoba berbagi tips untuk memperbaiki baterai iphone yang drop. Cara kalibrasi baterai iphone yang cepat habis menjadi hal pertama yang perlu untuk kita lakukan sebab tidak menutup kemungkinan penyebab baterai perangkat iphone yang cepat habis tersebut hanya karena masalah software saja. Akan tetapi jika kalibrasi batre iphone tersebut tidak berfungsi maka bisa jadi kita harus mengganti baterai iphone dengan yang baru. Untuk itu agar lebih jelasnya mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki baterai iphone yang cepat habis dan panas di bawah ini.

12 Cara Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Habis

Cara Agar Baterai iPhone Tidak Cepat Habis

Meskipun penyebab baterai iphone yang drop sangatlah beragam, untuk memastikan baterai iphone yang rusak kita perlu melakukan kalibrasi baterai pada perangkat tersebut.

Terlebih lagi jika persentase baterai iphone tidak berkurang meskipun sudah kita gunakan berjam - jam dan kemudian iphone menjadi mati total karena baterai habis maka jangan ragu untuk melakukan kalibrasi iphone untuk membuat baterai menjadi awet kembali.

Cara menghemat baterai iphone agar tidak cepat habis


1. Hindari Penggunaan iOS Beta

Perlu untuk kita ketahui iOS beta yang terinstal di dalam perangkat iphone dapat menjadi penyebab iPhone cepat habis baterainya. Hal ini dikarenakan sistem operasi yang masih Beta memang masih belum stabil dan memiliki resiko iPhone menjadi cepat panas dan boros baterai.

Alangkah lebih baiknya jika kita tidak install versi Beta terlebih dahulu apabila tujuannya hanya untuk menguji aplikasi buatanmu di iOS terbaru atau tidak memiliki iPhone lain untuk kehidupan sehari - hari.

2.  Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Sering kali penyebab baterai iphone cepat habis dikarenakan oleh beberapa aplikasi yang sering berjalan di background untuk upload dan mengunduh konten. Untuk itu kita perlu menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan namun sering berjalan di background. Agar dapat mengetahui aplikasi tersebut, perangkat iOS memungkinkan kita untuk mengetahui penggunaan baterai tiap aplikasi dengan cara sebagai berikut :

  • Buka "Settings"
  • Pilih "Battery"
  • Kita bisa melihat berdasarkan kurun waktu 24 jam atau 4 hari

3. Nonaktifkan Background App Refresh

Meskipun merupakan cara lama akan tetapi dengan menonaktifkan Background App Refresh dapat membantu kita dalam mengatasi baterai iphone yang cepat habis tersebut. Untuk menonaktifkan Background App Refresh dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Buka "Settings"
  • Pilih "General"
  • Pilih "Background App Refresh"
  • Geser tombol ke posisi "Off"

4. Atur "Location Services"

Memberikan akses lokasi merupakan hal yang pasti terjadi setiap kita akan menginstal suatu aplikasi. Padahal sebenarnya ketika aplikasi menggunakan layanan lokasi ternyata dapat berdampak pada daya tahan baterai perangkat iphone tersebut.

Oleh karena itu agar baterai yang masih baru tidak cepat habis ada baiknya jika kita mengatur kembali aplikasi mana saja yang diperbolehkan menggunakan lokasi. Untuk mengatur layanan lokasi perangkat iphone tersebut, ikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  • Buka Settings
  • Pilih Privacy
  • Pilih Location Services
  • Tekan pada aplikasi, lalu pilih opsi While Using atau Never

5.  Aktifkan Low Power Mode

Salah satu kelebihan iphone adalah daya baterai bertambah tiga jam ketika kita mengaktifkan fitur Low Power Mode. Berikut ini merupakan cara mengaktifkan fitur Low Power Mode yang perlu untuk kita coba agar dapat menghemat penggunaan daya baterai perangkat iphone tersebut :

  • Buka Settings
  • Pilih Battery
  • Pada opsi Low Power Mode, geser tombol ke kanan

6.  Atur Kecerahan Layar

Salah satu cara untuk menghemat baterai iphone adalah dengan Menonaktifkan Auto Brighness. Untuk melakukan pengaturan layar ponsel tersebut dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut ini :

  • Buka Settings
  • Pilih General
  • Pilih Accessibility
  • Pilih Display Accommodation
  • Pada opsi Auto-Brightness, geser tombol ke kiri untuk menonaktifkannya

7.  Posisi Layar di Bawah

iOS memberikan fitur deteksi facedown yang memanfaatkan sensor cahaya sekitar untuk memastikan tampilan tidak menyala ketika kita mendapatkan pemberitahuan pada saat posisi layar di bawah. Karena mematikan layar saat tidak digunakan dapat membuat daya baterai menjadi hemat satu jam lebih lama. Jadi ketika iPhone berada di atas meja, ada baiknya posisinya di balik, layar berada di bawah.

baca juga :


8. Night Sift

Fitur baru dari Apple ini ternyata cukup berguna untuk membuat baterai lebih hemat. Cara mengaktifkan fitur "Night Sift" dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :

  • Buka "Settings"
  • Pilih "Display & Brightness"
  • Pilih "Night Shift"
  • Atur waktu aktif dan menonaktifkannya

9. Raise to Wake

Raise to Wake merupakan salah satu fitur pada perangkat iphone yang bertujuan untuk menghidupkan layar ponsel ketika layar diangkat. Oleh karena itu apabila kita dapat menonaktifkan fitur Raise to Wake tersebut maka kita dapat membantu baterai iOS menjadi lebih hemat.

  • Buka Settings
  • Pilih Display & Brightness
  • Pilih Raise to Wake, geser tombol ke kiri untuk mengaktifkannya

10. Lakukan pengaturan jaringan

Jaringan 4G LTE memang memberikan akses cepat, tapi ini juga membuat baterai cepat habis apalagi jika sinyalnya antara ada dan tiada. Maka dari itu beralih ke 3G atau 2G akan cukup membantu menghemat baterai iphone ketika jaringan 4G memang tidak tersedia.

  • Buka Settings
  • Pilih Cellular
  • Pilih Cellular Data Options
  • Voice & Data
  • Pilih 3G atau 2G

11. Reduce Motion

Efek animasi saat menggunakan sejumlah aplikasi di iPhone memang menarik, tapi di lain sisi membuat baterai cepat terkuras. Oleh krena itu mengaktifkan Reduce Motion akan cukup membantu baterai lebih hemat selain itu transisi layar akan semakin cepat.

  • Buka Settings
  • Tekan General
  • Pilih Accessibility
  • Tekan Reduce Motion, geser ke kanan untuk mengaktifkannya

alamat service center :

Untuk mengetahui cara melakukan kalibrasi baterai iphone yang sering ngedrop dapat kita ikuti langkah - langkah sebagai berikut :

Cara kalibrasi baterai iphone yang cepat habis 


  1. Pertama - tama kosongkan baterai iPhone hingga benar - benar kosong dengan cara membuat smartphone iPhone yang kita miliki mati karena kehabisan baterai. Selain itu juga pastikan bahwa perangkat iOS tersebut sudah kehabisan baterai, iPhone sudah tidak bisa dinyalakan lagi
  2. Setelah itu tunggu iPhone yang kita miliki selama beberapa jam untuk memastikan bahwa baterai iPhone sudah benar - benar habis. Dan apabila iPhone kita coba untuk dihidupkan maka hanya menampilkan ikon baterai lemah berwarna merah
  3. Langkah selanjutnya cari colokkan listrik yang stabil dan pastikan tidak terjadi mati listrik. Gunakan sumber listrik dari Power Supply untuk menyediakan listrik yang stabil dan lancar apabila hal tersebut memang diperlukan
  4. Colokkan adapter charger ke stopkontak terlebih dahulu. Pastikan jangan terbalik karena hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya tegangan kejut dari adapter yang dapat membuat baterai iPhone rusak
  5. Kemudian jika adapter sudah terpasang ke stopkontak, colokkan kabel lightning ke iPhone
  6. ISI BATERAI HINGGA PENUH DALAM SEKALI CHARGE. JANGAN SAMPAI PROSES PENGISIAN DAYA BATERAI IPHONE TERPUTUS
  7. Setelah penuh, cabut kabel di Lightning dulu, baru cabut adapter di stopkontak.
  8. Langkah berikutnya adalah gunakan iPhone dengan normal hingga baterai hampir habis lagi. NAMUN JANGAN KITA LAKUKAN CHARGE SAMPAI BATERAI KEMBALI KOSONG DAN TIDAK BISA DINYALAKAN LAGI
  9. Setelah baterai kosong lagi, charge kembali baterai iPhone hingga penuh dan JANGAN SAMPAI PROSES PENGISIAN BATERAI PUTUS
  10. Setelah baterai iPhone terisi penuh, segera cabut baterai dari kabel lightning dulu dari cabut adapter di stopkontak

Setelah melakukan kalibrasi pada baterai iphone tersebut coba kita amati terlebih dahulu hasilnya, jika memberikan hasil yang positif maka langkah selanjutnya adalah cara untuk menghemat baterai iphone tersebut. Hal ini kita lakukan agar performa baterai tetap terjaga karena tidak dipungkiri sebenarnya baterai iphone yang kita gunakan tersebut sudah memiliki performa yang kurang bagus karena umur pakai.

Ternyata cukup banyak juga yang perlu untuk kita lakukan agar dapat membuat baterai ponsel iPhone tidak boros tersebut. Namun dengan semua langkah di atas dapat kami pastikan perangkat iphone yang kita gunakan tidak akan mengalami kehabisan baterai secara mendadak atau tiba - tiba (ngedrop).

Posting Komentar