9 Solusi iPhone Tidak Bisa Mengunduh Aplikasi Di App Store

Author
Published 20.50
9 Solusi iPhone Tidak Bisa Mengunduh Aplikasi Di App Store
App strore iphone error - Bagaimana cara mengatasi iphone tidak bisa unduh aplikasi di app strore ? Tidak bisa mengunduh app di iphone menjadi salah satu masalah terbesar bagi para pengguna iDevice berbasis iOS tersebut. Hal ini dikarenakan app store adalah satu - satunya tempat dimana iphone bisa mendapatkan beberapa aplikasi. Jadi wajar saja jika para pengguna smartphone berbasis iOS tersebut kebingungan apabila tidak bisa mendownload aplikasi ataupun selalu gagal mengupdate aplikasi di app store itu terjadi.

Bayangkan saja, jika kita mengalami masalah dimana app store tidak bisa dibuka di iphone yang kita miliki dan tiba - tiba muncul notifikasi "cannot connect to app store". Ditambah lagi semua aplikasi iphone tidak bisa dibuka dan saat kita mau mengupdate app iphone tersebut yang terjadi malah selalu gagal memperbarui aplikasi lewat app store iphone tersebut. Lantas bagaimana cara memperbaiki iphone yang selalu gagal memperbarui aplikasi lewat app store tersebut ? Jika terjadi hal seperti itu,  cara mengatasi app store tidak terhubung di iphone harus kita ketahui terlebih dahulu agar kita dapat menginstall aplikasi di iphone yang kita miliki.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, iPhone Tips kali ini akan mencoba memberikan solusi jika aplikasi di app store tidak bisa didownload pada perangkat iphone. Disini kami akan mencoba memberikan beberapa tips sederhana yang dapat kita lakukan sendiri jika loading app store terlalu lama hingga muncul pemberitahuan "timed out" yang mengakibatkan proses unduh aplikasi menjadi gagal. Jadi kita tidak perlu untuk cepat - cepat membawa perangkat iphone yang kita miliki ke service center guna memperbaiki iphone yang tiba - tiba berhenti saat mengunduh aplikasi di app store. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai penyebab dan solusi iphone yang mendadak gagal mengunduh aplikasi di app store di bawah ini.

9 Solusi iPhone Tidak Bisa Mengunduh Aplikasi Di App Store

cara mengatasi iPhone Tidak Bisa Mengunduh Aplikasi Di App Store

Di bawah ini merupakan beberapa cara untuk mengatasi masalah app store yang error di iphone yang kita miliki. Mari langsung saja kita ikuti 9 solusi iphone yang gagal mengupdate dan mengunduh aplikasi di app store dengan langkah - langkah sebagai berikut, diantaranya :

Penyebab dan Solusi App Store Tidak Bisa Download Aplikasi


1. Cek koneksi internet smartphone

Perlu untuk kita ketahui bahwa setiap request yang dikirim ke server App store dapat menjadi terganggu karena koneksi internet yang tidak stabil. Dimana koneksi internet yang lemot akan membuat app store lama merespon dan proses mengunduh aplikasi menjadi gagal karena terlalu lama / app store loading terus.

Solusi iphone tidak bisa unduh aplikasi :
  • Agar dapat membuat aplikasi iphone dapat diperbarui di app store maka alangkah baiknya jika kita memeriksa kembali koneksi internet pada iDevice tersebut. Cara mengecek koneksi internet di iphone dapat kita lakukan dengan membuka browser safari dan masuk pada sebuah website. Apabila website tidak bisa dibuka atau loading terlalu lama maka ini menandakan adanya masalah dengan koneksi internet yang kita miliki.

Mungkin anda tertarik pada tips android :

2.  Pastikan server apple tidak sedang mengalami masalah

Pasti kita akan selalu beranggapan bahwa server App store akan mengalami suatu masalah, mengingat Apple yang saat ini adalah salah satu perusahaan terbesar di dunia. Namun tidak ada salahnya jika kita untuk memastikan bahwa server app store iphone dalam kondisi baik - baik saja.

Solusi iphone tidak bisa unduh aplikasi :
  • Dapat kita periksa dengan membuka laman Apple System Status pada alamat : https://www.apple.com/support/systemstatus/ setelah itu amati apakah ada tanda kuning atau merah yang menandakan adanya sebuah gangguan

3. Periksa Apple ID Tidak mengalami masalah

Terkadang salah satu yang menjadi penyebab iphone tidak bisa memperbaharui aplikasi di app store adalah adanya masalah pada Apple ID, dimana bug pada sistem iOS sudah mulai menumpuk. Meskipun banyak pendapat yang menyatakan bahwa iOS merupakan OS yang paling mutakhir di kelas smartphone, namun tidak menutup kemungkinan karena adanya bug pada sistem tersebut.

Solusi iphone tidak bisa unduh aplikasi :
  • Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan adalah logout dan login kembali di app store iphone tersebut. Masuk ke App store > Featured > Apple ID > Logout
  • Selain menggunakan cara diatas, kita juga dapat menonaktifkan akun app store dengan masuk ke Settings > iTunes & App Store > Apple ID > Logout.
  • Setelah berhasil logout tunggu beberapa menit sebelum login kembali.

4. Kapasitas Penyimpanan Memori Mulai Penuh

Terkadang kapsitas penyimpanan memori menjadi sebuah pembatas bagi para pengguna iDevice yang memerlukan kapasitas memory tambahan untuk file atau aplikasi di iphone yang mereka miliki. Namun tentu sudah kita ketahui bahwa smartphone dari apple tidak menyertakan eksternal memory didalamnya. Oleh karena itu bagi para pengguna iphone yang hobi bermain game online rentan akan mengalami masalah tersebut karena game yang ada akan selalu membutuhkan update yang memperbesar file aplikasi game tersebut.

Solusi iphone tidak bisa memperbarui aplikasi :
  • Masuk ke Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage, untuk memeriksa kapasitas penyimpanan memori yang tersedia. Hapus beberapa file atau aplikasi terlebih dahulu apabila kita mendapati sisa memory penyimpanan kurang dari kapasitas aplikasi yang akan di unduh pada app store tersebut.

5. Refresh App Store

Bagaimana cara refresh app store di perangkat iphone yang kita miliki ? Tidak banyak yang mengetahui akan cara refresh app store iphone tersebut, untuk itu ikuti langkah - langkah berikut ini untuk menyegarkan app store.

Cara refresh app store, diantaranya :
  • Silahkan buka App Store dan tekan salah satu dari tab yang ada di bawah – " Featured" misal. 
  • Tekan Featured sebanyak 10x untuk melakukan refresh. 
  • Tanda jika proses refresh berhasil adalah tampilan App Store akan berwarna putih atau blank sesaat dan kembali menampilkan deretan ikon aplikasi dan games. 

6.  Sistem iOS Error (Crash)

Salah satu penyebab app store tidak bisa dibuka / tidak dapat dibuat untuk mengunduh aplikasi lainnya adalah karena kinerja iOs yang mengalami kegagalan atau error saat berjalan di dalam perangkat iphone tersebut. Akan tetapi tingkat error yang kita bahas saat ini merupakan tingkatan yang masih low dan bukan menjadi suatu hal yang perlu kita khawatirkan.

Solusi iphone tidak bisa mengunduh aplikasi di app store :
  • Restart iphone atau booting ulang iDevice yang kita miliki
  • Jika belum berhasil, tekan dan tahan tombol power di perangkat iOS sampai muncul pemberitahuan "Silde to Power Off" di layar iphone tersebut. Lakukan slide di bagian tersebut dan perangkat iOS akan mati. Tunggu beberapa saat hingga iphone benar - benar mati. Setelah itu tekan dan tahan tombol power lagi untuk menghidupkan.

7. Error Di Konfigurasi Atau Sistem Jaringan

Untuk dapat mengakses internet setiap perangkat smartphone memiliki konfigurasi agar bisa terhubung ke internet dengan baik. Semua kegiatan yang dilakukan oleh iDevice yang membutuhkan akses internet di atur oleh konfigurasi tersebut. Oleh karena itu apabila terjadi masalah atau error pada konfigurasi jaringan maka tidak dipungkiri app store tidak akan bisa menginstall aplikasi pada perangkat apple yang kita miliki

Solusi iphone tidak bisa mengunduh aplikasi di app store :
  • Reset Network Settings pada perangkat iphone yang kita miliki adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah error pada sistem jaringan. Untuk mereset Network Settings dapat kita lakukan dengan cara masuk ke menu Settings > General > Reset > Reset network settings

8. Reset All Settings di Perangkat iOS / Factory Reset

Berdasarkan pengalaman yang ada, dengan 7 cara di atas sering kali sudah dapat memberikan hasil yang positif untuk mengatasi masalah unduh aplikasi yang hanya loading terus - menerus. Akan tetapi jika semua cara di atas sudah kita lakukan dan belum memberikan hasil yang terbaik maka langkah selanjutnya yang perlu untuk kita tempuh adalah dengan melakukan mengatur ulang perangkat iOS ke mode awal.

Solusi iphone tidak bisa mengunduh aplikasi di app store :
  • Masuk pada menu Settings > General > Reset > Reset All Settings. Menu ini akan mengembalikan pengaturan yang ada di iPhone atau iPad yang kita miliki agar dapat menjadi seperti saat masih baru kembali. Selain itu kita juga dapat memilih pengaturan Erase All Content and Settings untuk menghapus semua pengaturan dan data yang ada di perangkat iOS.

baca juga :

9.  Hubungi Kontak Apple Support

Langkah terakhir jika factory reset smartphone buatan apple ini juga belum dapat mengatasi masalah iphone yang selalu gagal mengunduh aplikasi di App Store ini adalah dengan mencoba kontak Apple Support. Tim customer support dari Apple akan membantu kita untuk mengecek dari sisi server atau memberikan saran tambahan lainnya.

Cara menghubungi tim Apple Support :
  • Silakan buka situs resmi apple pada alamat >> apple.com/support/contact/ melalui perangkat komputer. Tekan tombol Get Started dan pilih kategori bantuan yang kita butuhkan. Setelah itu jadwalkan panggilan telepon yang akan dilakukan oleh tim Apple ke nomer handphone yang kita miliki tersebut.

Demikian pertemuan kita kali ini yang mengulas tentang cara mengatasi app store tidak bisa terhubung di iphone. Semoga pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

1 komentar

Posting Komentar